alexametrics

Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun

loading...
Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun
Arkeolog Mesir Temukan Makam Kuno Berusia 4.400 Tahun
A+ A-
SAQQARA - Mesir menemukan makam kuno berusia 4.400 tahun yang terpelihara dengan baik di wilayah selatan Kairo. Makam itu dihiasi dengan banyak tulisan hieroglif dan patung-patung. Para pakar yakin akan menemukan lebih banyak benda dan lainnya saat para arkeolog menggali lokasi itu lebih dalam selama beberapa bulan mendatang. Makam itu ditemukan di punggung bukit yang terkubur di pemakaman kuno Saqqara.

“Makam itu tak disentuh dan tak dijarah. Temuan ini salah satu dari sejenis dalam beberapa dekade terakhir,” papar Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Antik Mesir, pada Reuters.

Makam itu bertanggal dari era pemerintahan Neferirkare Kakai, raja ketiga dari Dinasti Kelima Kerajaan Tua. “Para arkeolog memindahkan lapisan terakhir dari makam itu pada Kamis (13/12) dan menemukan lima poros di dalamnya,” ungkap Waziri.



Satu poros tidak disegel dan tak ada apa pun di dalamnya, tapi empat poros lainnya disegel. Para arkeolog yakin mereka akan membuat lebih banyak penemuan saat penggalian dilakukan pada empat poros tersebut yang dimulai pada Minggu (16/12). Waziri berharap terutama pada satu poros yang akan digali tersebut.

“Saya dapat membayangkan bahwa semua benda dapat ditemukan di wilayah ini. Ini poros yang akan menuju peti jenazah atau sarkofagus pemilik makam tersebut,” ujar Waziri menyebut salah satu poros yang disegel para pembangun makam ketika itu.

Menurut Waziri, makam itu memiliki panjang 10 meter, lebar 3 meter, dan tinggi sekitar 3 meter. Dinding makam dihiasi dengan tulisan hieroglif dan patung-patung Firaun.

Waziri menjelaskan, makam itu unik karena patung-patung tersebut dalam kondisi yang hampir sempurna. “Warna itu hampir utuh meski makam itu berusia 4.400 tahun,” kata Waziri.

Makam itu terletak di bagian punggung bukit yang terkubur dan hanya sebagian yang baru terungkap. Waziri memperkirakan lebih banyak temuan penting akan diungkap para arkeolog saat penggalian mulai dilakukan lagi pada Januari.

Waziri menjelaskan, gambar-gambar lain menunjukkan cara pembuatan wine dan tembikar, penampilan musik, berlayar, memburu, dan pembuatan furnitur pemakaman.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak