alexametrics

Tentara Yaman Usir Milisi Houthi dari Distrik Awaja

loading...
Tentara Yaman Usir Milisi Houthi dari Distrik Awaja
Militer Yaman berhasil mengusir pemberontak Houthi dari daerah Awaja, Provinsi Hiran. Foto/Istimewa
A+ A-
SANAA - Pasukan militer Yaman telah mengusai daerah-daerah baru di timur provinsi Hiran setelah bentrokan berat dengan milisi Houthi yang didukung Iran. Demikian laporan kantor berita negara Saudi SPA.

Sumber militer Yaman mengatakan bahwa kemajuan itu dibuat menyusul operasi militer rahasia yang diluncurkan oleh tentara dengan dukungan dari koalisi Arab, dan mampu membebaskan daerah Awaja serta sejumlah peternakan di timur Hiran.

Puluhan militan tewas dan terluka selama bentrokan ketika tentara Yaman berhasil merebut senjata dan amunisi dari pemberontak Houthi seperti dikutip dari Arab News, Minggu (16/12/2018).



Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan situs resmi militer Yaman, 26 September, sumber itu mengatakan bahwa milisi melarikan diri dari posisi mereka setelah menanam ratusan ranjau dan alat peledak.

Perang di Yaman dimulai pada tahun 2014 antara pemerintah Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang mendapat dukungan dari koalisi Saudi yang didukung AS, dan pemberontak Houthi yang didukung Iran. Sejak itu konflik menjadi krisis kemanusiaan, dengan puluhan ribu korban dan kelaparan parah yang mengancam nyawa jutaan warga sipil termasuk anak-anak.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak