Negosiasi dengan Korut, Trump Tidak Ingin Terburu-buru

Sabtu, 15 Desember 2018 - 14:42 WIB
Negosiasi dengan Korut, Trump Tidak Ingin Terburu-buru
Negosiasi dengan Korut, Trump Tidak Ingin Terburu-buru
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak terburu-buru dalam bernegosiasi dengan Pyongyang. AS juga percaya pemimpin Korea Utara (Korut) akan mengambil keuntungan untuk meningkatkan ekonomi negaranya.

Hal itu diungkapkan Presiden AS Donald Trump dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.

"Banyak orang bertanya bagaimana kami melakukan negosiasi dengan Korea Utara - Saya selalu menjawab dengan mengatakan kami tidak terburu-buru, ada potensi luar biasa untuk kesuksesan ekonomi besar bagi negara itu," kata Trump.

"Kim Jong-un melihatnya lebih baik daripada siapa pun dan akan sepenuhnya manfaatkan itu untuk rakyatnya," sambung Trump, sambil menambahkan: "Kami baik-baik saja!" seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (15/12/2018).

Pada awal minggu, Departemen Keuangan AS memberikan sanksi kepada tiga pejabat senior pemerintah Korut terkait dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Baca: Lakukan Pelanggaran HAM, AS Sanksi Tangan Kanan Kim Jong-un

Situasi di Semenanjung Korea telah membaik sejak awal tahun ini, dengan pemimpin Korut Kim Jong-un terlibat dalam dialog dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan (Korsel). Selama pertemuan puncak mereka di bulan Juni, Kim dan Trump setuju bahwa Pyongyang akan melakukan upaya terhadap denuklirisasi sebagai imbalan bagi AS yang membekukan latihan militer bersama dengan Korsel serta potensi bantuan sanksi.

Perundingan nuklir, bagaimanapun, telah terhenti, dengan Pyongyang menuntut penghapuasan sanksi dan Washington ingin Korut untuk mengambil langkah-langkah denuklirisasi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5169 seconds (0.1#10.140)