Tim Indonesia Sukses Menangkan Dua Kategori dalam Huawei ICT Competition

Jum'at, 19 April 2024 - 20:42 WIB
loading...
Tim Indonesia Sukses Menangkan Dua Kategori dalam Huawei ICT Competition
Foto: Doc. Istimewa
A A A
JAKARTA - Perwakilan tim Indonesia berhasil memenangkan dua kategori, yaitu Network Track sebagai Grand Prize dan Cloud Track sebagai First Prize, yang dimenangkan oleh mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam ajang Huawei Information and Communication Technology (ICT) Competition 2023-2024 Asia Pacific Regional.

Para pemenang Huawei ICT Competition Asia-Pacific 2023-2024 ke-8 diumumkan dalam sebuah penghargaan yang diselenggarakan bersama oleh Huawei dan ASEAN Foundation di Kantor Pusat ASEAN di Jakarta. Kompetisi ini diikuti lebih dari 6.000 mahasiswa dari 14 negara dan kawasan.

Sebagai pemenang Grand Prize, tim dari ITB berhasil melaju ke tahap selanjutnya, yaitu tahap Global. Inilah para pemenang dari Indonesia: Grand Prize Yeremias Mangu, Helmi Ahmad Khaderani, Ribka Tiarma dari Teknik Telekomunikasi ITB Imni Ingriati sebagai instruktur dari ITB First Prize Nisya Kinaya, Bevan Julio Krisna, Dennys Yudhystira Hutapea dari Teknik Telekomunikasi ITB Latif sebagai instruktur dari ITB.

Dalam acara ini juga dihadiri oleh Presiden Huawei Asia Pasifik, Simon Lin Bai Feng, dan Sekretaris Jenderal ASEAN, Dr Kao Kim Hourn. Dalam acara tersebut, Sekjen ASEAN, Dr Kao Kim Hourn, menyoroti pertumbuhan ekonomi digital yang cepat dan tantangan keamanan siber. Ada pula potensi peningkatan PDB melalui kecerdasan buatan.

"Diperkirakan AI akan memberikan peningkatan PDB sebesar 10% hingga 18% di seluruh Asia Tenggara pada tahun 2030. Dengan kesuksesan ini tentunya mempunyai risiko, tantangan, termasuk perlindungan data, keamanan siber, persaingan, dan kesenjangan digital.

"Hal ini membuat lebih penting bagi pengguna untuk dilindungi dengan keyakinan ekspres, terutama untuk transaksi dan teknologi digital yang mereka kembangkan," kata dia.

Mr. Simon Lin, President of Huawei Asia-Pacific, menyatakan, mulai pada 2023, pihaknya telah menambahkan satu kategori baru yaitu computing track. Ini menambah kategori yang sebelumnya telah dikompetisikan yaitu network, cloud dan innovation track.

Selain itu, ia telah merancang kegiatan yang lebih interaktif untuk meningkatkan kecakapan kepemimpinan dan kesiapan kerja para siswa bersama dengan pemerintah, industri, dan mitra akademisi,

“Kami berharap dapat membentuk dan melahirkan para pemimpin, praktisi, dan inovator masa depan di wilayah ini,” ucapnya.

Melalui kompetisi ini, Huawei bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam bidang ICT, serta mendorong mereka untuk berinovasi memanfaatkan teknologi dan platform terbaru. Hal ini tentu sejalan dengan upaya Huawei menjembatani kesenjangan talenta digital yang dihadapi di kawasan Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9032 seconds (0.1#10.140)