Meditasi di Hutan Lindung, Biksu Buddha Tewas Diterkam Macan Tutul

Kamis, 13 Desember 2018 - 15:57 WIB
Meditasi di Hutan Lindung, Biksu Buddha Tewas Diterkam Macan Tutul
Meditasi di Hutan Lindung, Biksu Buddha Tewas Diterkam Macan Tutul
A A A
NEW DELHI - Seorang biksu Buddha tewas dibunuh macan tutul saat bermeditasi di hutan lindung yang untuk kucing-kucing besar. Ini adalah serangan kelima di daerah itu dalam sebulan terakhir.

Rahul Walke Bodhi tengah duduk di bawah pohon di hutan Ramdegi, India barat, untuk sembahyang pagi hari ketika seekor macan tutul menerkamnya.

Pihak kepolisian negara bagian Maharashtra mengatakan biksu berusia 35 tahun itu terluka parah. Dua biksu lain yang sedang bermeditasi dengannya melarikan diri untuk kemudian memberitahukan polisi, yang mulai memulai pencarian mayatnya.

"Mayatnya yang dianiaya parah ditemukan lebih jauh ke dalam hutan, menunjukkan hewan itu mencoba untuk menyeretnya," kata Krisna Tiwari, seorang perwira polisi senior di wilayah itu, seperti dikutip dari AFP, Kamis (13/12/2018).

Hutan, sekitar 825 kilometer barat dari Ibu Kota negara bagian Mumbai, adalah cagar alam yang dilindungi untuk kucing besar di mana empat serangan mematikan lainnya terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Polisi mengatakan para biarawan, berada di daerah itu untuk konferensi doa tahunan, telah mengabaikan peringatan dari pejabat setempat agar tidak merambah terlalu jauh ke dalam hutan.

Serangan itu menyusul insiden fatal yang terpisah pada hari Senin, ketika penjaga toko Sandeep Arjun terbunuh di luar kiosnya di pinggiran hutan.

Tidak jelas apakah macan tutul yang sama bertanggung jawab untuk kedua serangan itu.

Tiga lagi kematian yang dikaitkan dengan serangan macan tutul dan harimau telah dilaporkan di sekitar cagar alam dalam sebulan terakhir, kata para pejabat.

Perkiraan resmi menunjukkan ada sekitar 12.000 dan 14.000 macan tutul di India.

Ekspansi perkotaan telah mengurangi jumlah mereka seiring menyusutnya habitat hutan, membuat mereka ke dalam kontak yang lebih dekat - dan konflik - dengan manusia.

Diperkirakan 431 macan tutul tewas pada tahun 2017, menurut angka pemerintah. Sebagian besar dibunuh oleh pemburu untuk kulit dan bagian tubuh mereka.

Tidak ada angka tentang jumlah manusia yang dibunuh oleh macan tutul, tetapi para ahli mengatakan ada ratusan kematian setiap tahunnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3587 seconds (0.1#10.140)