Ketua MUI Tegaskan Lebaran Ketupat Tak Bertentangan dengan Islam

Sabtu, 20 April 2024 - 09:39 WIB
loading...
Ketua MUI Tegaskan Lebaran Ketupat Tak Bertentangan dengan Islam
Ketua Bidang Kerukunan Antar-Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Yusnar Yusuf Rangkuti menyatakan Lebaran Ketupat tidak bertentangan dengan Islam. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Bidang Kerukunan Antar-Umat Beragama Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Yusnar Yusuf Rangkuti menyatakan Lebaran Ketupat tidak bertentangan dengan Islam. Lebaran Ketupat merupakan budaya dan kearifan lokal yang mewarnai sukacita Idulfitri di daerah.

Hal ini disampaikan Kiai Yusnar Yusuf menanggapi polemik Lebaran Ketupat yang mencuat di media sosial. Sebagian pihak mempersoalkan Lebaran Ketupat yang banyak digelar di beberapa daerah karena tidak pernah diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Mengadakan Lebaran Ketupat itu tidak bertentangan dengan Islam. Hanya orang yang tidak suka saja yang bilang Lebaran Ketupat itu bertentangan dengan syariat. Saya bukan orang Jawa, tapi saya suka dengan Lebaran Ketupat. Budaya yang seperti ini justru perlu disuarakan bahwa memang tidak menyalahi peraturan agama Islam," kata KH Yusnar Yusuf Rangkuti di Jakarta, Jumat (19/4/2024).



Seperti halnya Lebaran Ketupat yang menjadi kebiasaan saat Lebaran, mudik atau pulang kampung juga sebenarnya berasal dari kebiasaan masyarakat Indonesia saat libur panjang. Mudik sejatinya produk budaya, bukan syariat agama, tapi pelaksanaannya dilakukan oleh seluruh umat Islam di Indonesia karena dinilai tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Menurut Kiai Yusnar, mudik menjadi bertentangan dengan syariat Islam jika dalam praktiknya, si pemudik secara sengaja berbuat hal yang membahayakan bagi keselamatan dirinya.

"Kita perlu bangun pemahaman terhadap masyarakat, kebiasaan seperti Lebaran Ketupat itu sama halnya dengan mudik, tidak ada perkara agama yang dilanggar. Tapi seandainya ada yang berangkat mudik dengan ramai-ramai naik ke atas bus, kemudian jatuh, itu bunuh diri namanya. Jika seperti itu barulah dilarang agama," katanya.

Ia berpendapat kebiasaan mudik di masa Lebaran yang sudah meluas di masyarakat Indonesia akan lebih baik lagi jika dilembagakan atau difasilitasi oleh pemerintah. Seperti melalui program perbaikan jalan di jalur mudik, sehingga orang bisa nyaman kembali ke kampung halamannya.

Menurutnya, kebiasaan yang sarat dengan kearifan lokal seperti mudik dan Lebaran Ketupat perlu mendapat apresiasi, karena bisa memberikan efek positif terhadap kerukunan masyarakat Indonesia.

"Saya kira berbagai kearifan lokal yang ada sudah menjadi kebiasaan dan itu akhirnya menjadi budaya bagi orang-orang yang ada di Indonesia. Hal ini termasuk mudik, yang berarti mengunjungi orang tua dan keluarga di kampung halamannya masing-masing," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)