Syarat Lowongan Kerja KAI Diprotes Netizen, Manajemen Beri Penjelasan

Jum'at, 19 April 2024 - 16:43 WIB
loading...
Syarat Lowongan Kerja KAI Diprotes Netizen, Manajemen Beri Penjelasan
PT KAI buka suara ihwal warganet alias netizen yang memprotes syarat lowongan kerja untuk posisi Management Trainee yang dibuka KAI sejak Rabu, kemarin (17/4/2024). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI buka suara ihwal warganet alias netizen yang memprotes syarat lowongan kerja untuk posisi Management Trainee yang dibuka KAI sejak Rabu kemarin (17/4/2024). Netizen mengeluh, lantaran syarat dinilai berstandar tinggi, seperti tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.



Lalu, nilai IPK minimal 3,5 dan kemampuan bahasa Inggris yang ditunjukkan dengan sertifikasi TOEFL dan TOEIC dengan skor minimal 500. Protes warganet terhadap lowongan kerja KAI ini ramai di media sosial X.

Merespon hal tersebut, Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, untuk persyaratan tinggi badan, pihaknya mengikuti batas tinggi badan sertifikasi Ditjenka Kemenhub untuk masinis. Artinya, dipersiapkan jika ada kebutuhan rotasi formasi pekerjaan dari pekerja lain menjadi pekerja kru KA. Agar kesinambungan perusahaan tetap berlangsung.

“Untuk berat badan, kami mengikuti aturan WHO untuk BMI (body mass index) ideal yang sehat dan minim risiko penyakit diabetes melitus atau jantung karena obesitas atau overweight,” ujar Joni saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (19/4/2024).



Kemudian, persyaratan kemampuan berbahasa Inggris, perusahaan menginginkan agar para pegawai memiliki kapabilitas sebagai calon pemimpin KAI di masa depan dengan wawasan global.

Akreditasi perguruan tinggi serta nilai IPK dapat menjadi indikator kualitas pendidikan dan kompetensi calon karyawan. Lalu, kemampuan bahasa Inggris yang baik juga dinilai penting dalam lingkungan bisnis global saat ini.

“Seperti yang kita tahu, KAI memiliki pelanggan dan mitra dari mancanegara. Kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dapat mempermudah kolaborasi dan memastikan bahwa informasi dapat dipahami dengan jelas oleh semua pihak terkait,” ucapnya.

Joni menyebut, standar tinggi dalam rekrutmen KAI mencerminkan komitmen KAI terhadap kualitas dan profesionalisme. Dengan menetapkan standar yang tinggi, KAI dapat membangun tim yang terdiri dari individu-individu yang memiliki kemampuan dan integritas tinggi.

“Hal ini dapat berkontribusi pada produktivitas, inovasi, dan peningkatan pelayanan kepada pelanggan yang semakin kompleks,” kata dia.

Adapun, KAI bekerja sama dengan PT Dayalima Recruitment membuka lowongan kerja untuk program Management Trainee. Masyarakat yang ingin melamar dapat melakukan pendaftaran mulai 17 hingga 22 April 2024.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2508 seconds (0.1#10.140)