Perbandingan Sistem Pertahanan Udara Iran vs Israel, Siapa Lebih Canggih?

Jum'at, 19 April 2024 - 17:10 WIB
loading...
Perbandingan Sistem Pertahanan Udara Iran vs Israel, Siapa Lebih Canggih?
Iran dan Israel terus memperkuat kemampuan militernya. Tak hanya tentara, hal ini juga berlaku untuk perlengkapan senjata, termasuk sistem pertahanan udara. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Perbandingan pertahanan udara Iran dengan Israel menarik diulas. Di antara kedua negara ini, manakah yang memiliki alat dan strategi lebih canggih?

Pada perkembangannya, Iran dan Israel terus memperkuat kemampuan militernya. Tak hanya tentara, hal ini juga berlaku untuk perlengkapan senjata, termasuk sistem pertahanan udara.

Sebagaimana diketahui, baik Iran maupun Israel punya sistem pertahanan udara canggih dan mumpuni. Alat pertahanan tersebut biasa digunakan untuk menghalau berbagai ancaman udara yang mungkin masuk ke masing-masing wilayahnya. Jika dibandingkan antara kedua negara tersebut, manakah di antaranya yang lebih canggih?

Sistem Pertahanan Udara Iran vs Israel

1. Iran

Pada riwayatnya, Iran lebih banyak mengembangkan senjatanya sendiri secara lokal. Hal ini dikarenakan statusnya yang tertutup dan sering mendapat sanksi dari dunia internasional.

Kendati begitu, bukan berarti Iran tidak memiliki persenjataan mumpuni. Pada penangkal serangan udara, Teheran juga dibekali berbagai sistem pertahanan canggih.

-Bavar-373
Perbandingan Sistem Pertahanan Udara Iran vs Israel, Siapa Lebih Canggih?

Salah satu yang dioperasikan Iran adalah Bavar-373. Mulai beroperasi sekitar 2019, jangkauan deteksi radarnya telah ditingkatkan dari 350 km (217 mil) menjadi 450 km (280 mil).

Mengutip Al Jazeera, rudal tersebut diklaim mampu mengunci target, termasuk rudal balistik jarak jauh, drone hingga jet tempur siluman. Selain itu, kemampuannya juga bisa melacak 60 target dan menyerang enam target secara bersamaan.

-S-300
Perbandingan Sistem Pertahanan Udara Iran vs Israel, Siapa Lebih Canggih?

Kemudian, Iran juga memiliki sistem S-300. Pertama kali dioperasikan Uni Soviet pada akhir 1970-an, alat tersebut dirancang untuk menembak jatuh pesawat terbang, drone hingga rudal jelajah dan balistik yang mendekat pada jarak sampai 150 km (93 mil).

-Arman
Perbandingan Sistem Pertahanan Udara Iran vs Israel, Siapa Lebih Canggih?

Selain itu, ada juga berbagai sistem pertahanan jarak menengah seperti Arman. Diresmikan pada November 2022, rudal ini dirancang untuk memerangi senjata balistik taktis di medan perang dalam jarak kurang dari 300 km.

Pada perlengkapannya, sistem Arman dilengkapi dengan rudal untuk melawan amunisi penghancur bunker berpemandu yang presisi. Senjata ini cocok untuk menghancurkan bangunan berbenteng atau yang berada di bawah tanah.

Selain jarak menengah, ada juga sistem pertahanan udara jarak pendek yang dimiliki Iran. Sebut saja seperti Azarakhsh, Majid dan Zoubin.

2. Israel

Saat Iran meluncurkan serangan udara melalui ratusan drone dan rudal, Israel mengklaim sukses menghalau 99 persen di antaranya. Hal ini terjadi berkat kemampuan sistem pertahanan udara yang dimiliki negara Yahudi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)