Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, PYCH Binaan BIN Terjun ke Pelosok Papua

Kamis, 18 April 2024 - 14:41 WIB
loading...
Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat, PYCH Binaan BIN Terjun ke Pelosok Papua
Anak muda dari PYCH binaan BIN terus menggelar berbagai kegiatan yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat di berbagai desa. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAYAPURA - Anak muda dari Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) terus menggelar berbagai kegiatan yang menyentuh langsung kehidupan masyarakat di berbagai desa. Tujuannya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Ketua Umum PYCH Simon Tabuni mengatakan, kegiatan itu ada yang langsung rumah ke rumah (door to door), bersentuhan dengan masyarakat di kampung-kampung Papua dengan mendengarkan dan merealisasikan aspirasi dan kebutuhan mereka. PYCH saat ini memiliki kepengurusan di 35 kabupaten/kota di Papua.

”Meraka aktif melakukan kegiatan langsung ke masyarakat, tidak hanya berfokus terpusat di Gedung PYCH yang ada Jayapura. Kami tak hanya menggelar kegiatan di hari-hari besar, namun juga kegiatan rutin harian, mingguan, bulanan di kampung-kampung di Papua," katanya kepada wartawan, Kamis (18/4/2024).

Simon menjelaskan, berbagai kegiatan yang telah dilakukan. Misalnya pengembangan kopi di Pegunungan Arfak melalui pendistribusian bibit kopi serta berpartisipasi pada Festival Budaya Papua di Belanda, Swiss dan Prancis. Pengembangan wisata sagu Kais, Sorong Selatan.

Kemudian pelatihan untuk pengemasan produk UMKM , pemberiaan modal usaha dan peralatan produksi. Juga partisipasi pada pameran skala lokal/nasional/internasional, menyelenggarakan event festival, seperti Papua Street Karnival, dan berbagai kegiatan yang berdampak positif bagi pengembangan kreativitas dan inovasi usaha anak muda Papua dan masyarakat Papua secara umum.

Dia juga memaparkan, PYCH menjalankan program-programnya dengan komitmen tinggi yang terbagi dalam lima bidang utama yakni UMKM dan industry kreatif, pertanian, peternakan dan perikanan (P3), sosial budaya, serta pendidikan-kesehatan. Simon mengajak masyarakat, apabila ingin menyampaikan aspirasinya bisa langsung mengubungi pengurus PYCH.

Sekjen PYCH Meilaine Osok menambahkan, PYCH rutin menggelar pertemuan harian, mingguan dan bulanan untuk mendiskusikan program-program di berbagai daerah, serta memperkuat kolaborasi dengan pemerintah daerah, organisasi masyarkat hingga tokoh masyarakat dan agama. Hal ini bertujuan mengoptimalkan implementasi program PYCH di seluruh pelosok Papua. Saat ini, PYCH telah berhasil merangkul sebanyak 14.188 anggota.

Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN Made Kartikajaya, yang juga merupakan Pembina PYCH, bersama tim, blusukan, terus turun memberikan arahan dan bimbingan kepada anak muda Papua, mengajak terus membangun Papua, mencintai Papua. Dengan harapan, bahwa melalui dukungan ini, anak muda Papua dapat menjadi agen perubahan yang membawa kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat Papua - Indonesia.

Anak-anak muda PYCH yang didukung BIN di bawah kepemimpinan Kepala BIN Budi Gunawan telah berhasil meraih prestasi gemilang di berbagai panggung, baik di dalam maupun luar negeri. Prestasi mereka telah mendapatkan apresiasi yang luas, termasuk dari Presiden Joko Widodo.

”Prestasi gemilang yang telah diraih oleh anak-anak muda PYCH di berbagai panggung, baik di dalam maupun luar negeri, menjadi bukti nyata keberhasilan kolaborasi antara pemerintah, anak muda, dan masyarakat dalam memperjuangkan perubahan positif di Bumi Cendrawasih tersebut,” ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 4.4999 seconds (0.1#10.140)