Rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267: Kuota Run in Solo Ditambah

Kamis, 18 April 2024 - 11:36 WIB
loading...
Rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267: Kuota Run in Solo Ditambah
Mangkunegaran Run in Solo masuk dalam bagian rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267, yang berlangsung pada 17 Maret-28 April 2024 mendatang.
A A A
Mangkunegaran Run in Solo masuk dalam bagian rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267, yang berlangsung pada 17 Maret-28 April 2024 mendatang. Event ini akan berlangsung di akhir penyelenggaraan.

Pemimpin Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkoenagoro X mengatakan, rangkaian acara Adeging Mangkunegaran tahun ini berupa kegiatan budaya, musik, hingga olahraga. "Adeging Mangkunegaran merupakan upaya bersama untuk merawat kebudayaan," kata KGPAA Mangkoenagoro X dalam jumpa pers bersama media di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/4/2024).

"Adeging ini juga jadi momen untuk merayakan ulang tahun Mangkunegaran ke-267, ini tentu bukan usia yang muda tapi bagaimana kami hari ini terus tumbuh berkembang dan kebudayaan kita bermanfaat di era hari ini, bukan hanya masa lalu tapi juga untuk kedepannya. Fokus kami bagaimana masyarakat bisa ikut terlibat dalam Adeging Mangkunegaran. Karena Adeging Mangkunegaran ini merupakan aset kita bersama dan kebudayaan tentunya juga harus kita jaga," sambungnya.


KGPAA Mangkoenagoro X mengungkapkan, rangkaian Adeging Mangkunegaran ke-267 yaitu Sumunar Mangkunegaran (17 Maret-28 April 2024), Mangkunegaran MakaN-MakaN (27-28 April), Royal Dinner Mangkunegaran (27 April), Mangkunegaran Run in Solo (28 April) dan Mangkunegaran Laras Hati (28 April). Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengapresiasi event Adeging Mangkunegaran yang memberikan dampak luar biasa terhadap masyarakat Solo dan sekitarnya.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Pemkot Solo dan Mangkunegaran sangat intens dalam meningkatkan potensi pariwisata di Solo. Kami sangat senang dengan adanya event Adeging Mangkunegaran ini karena sudah terlihat dampaknya yaitu jumlah wisatawan ke Solo meningkat dan multiplier effectnya juga sudah dirasakan oleh UMKM," jelas Gibran.

Antusiasme masyarakat dalam mengikuti lomba lari Mangkunegaran Run in Solo yang didukung oleh PermataBank juga mendapat respons positif dengan ditambahnya kuota lari sehingga dapat menjangkau masyarakat peminat olahraga yang lebih luas lagi. "Sebagai komitmen PermataBank dalam memberikan nilai yang bermakna melalui pelayanan kami, kerja sama ini dilakukan untuk mendorong dampak sosial yang positif sekaligus melestarikan kebudayaan dan merangkul beragam komunitas serta masyarakat melalui berbagai kegiatan, termasuk seni, olahraga, dan pengembangan UMKM yang terintegrasi dalam perayaan potensi pariwisata yang unggul," beber Direktur Hukum dan Kepatuhan PermataBank Dhien Tjahajani.



Di bagian yang sama, Ketua Pembina Yayasan DNC Soenardi Pardi berharap, Adeging Mangkunegaran ke-267 bisa membuat masyarakat terlibat dalam acara ini. "Dengan adanya acara ini tentu akan ada gangguan yang dialami masyarakat seperti penutupan jalan dan lain-lain. Tapi kami akan berupaya meminimalisir gangguan ini dan berharap masyarakat mau terlibat di acara yang menggembirakan ini," kata Soenardi.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2640 seconds (0.1#10.140)