alexametrics

Rusia Minta Eropa Bujuk AS Pertahankan Perjanjian INF

loading...
Rusia Minta Eropa Bujuk AS Pertahankan Perjanjian INF
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menuturkan, Negara-negara Eropa harus mempengaruhi Amerika Serikat (AS) untuk tetap mempertahankan INF. Foto/Tass
A+ A-
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menuturkan, Negara-negara Eropa harus mempengaruhi Amerika Serikat (AS) untuk tetap mempertahankan Intermediate Nuclear Force Treaty (INF).

Berbicara dalam pertemuan Menteri Luar Negeri anggota Organisasi Kerjasama Keamanan Eropa (OSCE), Lavrov mengatakan INF telah memberikan jaminan kepada Eropa dalam tiga dekade terakhir. Oleh karena itu, dia berharap Eropa dapat membujuk AS untuk mempertahankan perjanjian itu.



"Rekan saya, termasuk Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, telah menyatakan keprihatinan atas situasi ini (penarikan AS dari Perjanjian INF]," kata Lavrov, seperti dilansir Tass pada Sabtu (8/12).

"Jika mereka benar-benar khawatir, maka mereka mungkin harus mempengaruhi sekutu mereka, AS, untuk membujuk Orang Amerika datang ke meja perundingan dan mulai mendiskusikan masalah ini dengan cara yang konkrit, dan tidak menuduh kami dengan sesuatu yang tidak benar. Kami siap untuk diskusi semacam itu," sambungnya.

Lavrov mencatat bahwa Moskow telah berbicara dengan mitra-mitranya dengan membawa sebuah proposal untuk membahas semua masalah yang terkait dengan Perjanjian INF dalam Dewan Rusia-NATO. Tetapi, papar Lavrov negara-negara anggota aliansi menolak untuk melakukan itu.

"Kami menyarankan masalah INF dipertimbangkan oleh Dewan Rusia-NATO. Rekan-rekan NATO kami menemukan bahwa tidak cocok. Kebetulan, mereka telah memasang semua saluran komunikasi antara militer Rusia dan NATO. Sangat sulit untuk tetap dalam posisi seperti itu, jika Anda ingin dipahami dengan baik," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak