alexametrics

Iran Tuding AS Angkut Anggota ISIS ke Afghanistan

loading...
Iran Tuding AS Angkut Anggota ISIS ke Afghanistan
Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani menuding Amerika Serikat (AS) telah mengangkut sejumlah anggota ISIS dari Suriah ke Afghanistan. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Iran menuding Amerika Serikat (AS) telah mengangkut sejumlah anggota ISIS dari Suriah ke Afghanistan. Tudingan itu disampaikan oleh Ketua Parlemen Iran, Ali Larijani.

Larijani mengatakan, AS telah beberapa kali membawa anggota ISIS dari Suriah menuju Afghanistan. Dia menyebut, tindakan-tindakan semacam ini dapat memicu kebangkitan terorisme di wilayah tersebut di masa depan.



"Selama setahun terakhir, AS telah memindahkan sejumlah besar teroris ISIS ke Afghanistan, yang bisa sekali lagi menciptakan masalah yang sama di beberapa bagian Asia, seperti yang terjadi di Irak dan Suriah," ucap Larijani, seperti dilansir Sputnik pada Sabtu (8/12).

Larijani dalam pernyataannya kemudian memuji kerja sama yang sedang berlangsung antara Iran, China, Pakistan, Turki, Rusia, dan juga Afghanistan dalam upaya memerangi terorisme.

Ini bukan kali pertama kali Iran menuding AS telah memindahkan anggota ISIS dari Suriah ke Afghanistan. Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei pada Januari 2018 menyebut AS sengaja membantu relokasi militan ISIS ke Afghanistan dalam upaya untuk membenarkan kelanjutan operasi militer AS di wilayah tersebut.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak