alexametrics

Wamenlu Sebut Laut Sumber Kerja Sama Bukan Konfrontasi

loading...
Wamenlu Sebut Laut Sumber Kerja Sama Bukan Konfrontasi
wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) AM Fachir membuka kegiatan IORA High Level Panel di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC), Jumat (7/12/2018). Foto/Dok. Kemlu
A+ A-
DENPASAR - Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M. Fachir mengatakan di era globalisasi saat ini, laut harus menyatukan umat manusia dan bukan memisahkannya.

"Laut harus menjadi sumber kerja sama dan bukan konfrontasi," kata Fachir saat membuka pertemuan IORA High Level Panel di Bali Nusa Dua Convention Centre, Jumat (7/12/2018).

Fachir mengatakan KTT IORA pertama tahun lalu telah membuahkan hasil yang akan memandu masa depan IORA, The Jakarta Concorde dan rencana aksi 2017-2021 dan sudah saatnya hal itu dituangkan ke dalam implementasi praktis.

Dikatakan oleh Fachir, kebijakan yang berorientasi pada masyarakat pesisir harus diintegrasikan dalam enam wilayah prioritas IORA. Hal itu akan menciptakan lingkungan yang mendukung untuk pertumbuhan yang inklusif dan adil melalui program dan kegiatan IORA.

"Dan untuk mencapai pertumbuhan seperti itu kita harus memastikan keamanan di Samudera Hindia, mempromosikan perdagangan intra, meningkatkan konektivitas, mengembangkan kerja sama pariwisata, mempromosikan perikanan berkelanjutan dan memfasilitasi peluang dan pertumbuhan yang setara," tuturnya.

"Ini adalah cakupan yang saya harap akan ditangani selama panel tingkat tinggi IORA ini," tukasnya.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak