Berpotensi Tsunami, Warga Radius 6 Km dari Gunung Ruang Segera Dievakuasi

Kamis, 18 April 2024 - 06:15 WIB
loading...
Berpotensi Tsunami, Warga Radius 6 Km dari Gunung Ruang Segera Dievakuasi
Berpotensi tsunami, warga yang bermukim di radius 6 Km dari Gunung Ruang Sulawesi Utara bakal segera dievakuasi. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Warga yang bermukim di radius 6 Km dari Gunung Ruang Sulawesi Utara bakal segera dievakuasi. Sebab status gunung tersebut telah masuk level IV atau awas, dan berpotensi tsunami.

"Total 11.615 penduduk itu yang ada di radius 6 Km ini, ini yang harus kita kosongkan karena ini daerah impact dari erupsi," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan (Kapusdatinkom) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, Kamis (18/4/2024).

"Baik itu lontaran batu pijar, abu vulkanik, maupun kemungkinan jika nanti ada kondisi khusus yang membangkitkan tsunami daerah ini yang harus kita kosongkan," katanya.



Abdul menegaskan, evakuasi harus tetap dilakukan secepatnya, meskipun pihaknya belum mengeluarkan peringatan dini tsunami.

"Sehingga memungkinkan terjadinya mekanisme pembangkit tsunami, yang menghantam daerah pesisir barat, barat laut dan barat daya dari Tagulandang. Ini masuk pada daerah yang tadi radius 6 km yang harus dikosongkan. Ada tidaknya peringatan dini tsunami, daerah itu memang sudah harus kita kosongkan," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)