alexametrics

Australia Dukung Keterlibatan AHA Centre di Rakhine

loading...
Australia Dukung Keterlibatan AHA Centre di Rakhine
Australia mendukung keterlibatan AHA Center di Rakhine. Foto/Istimewa
A+ A-
DENPASAR - Australia mendukung keterlibatan AHA Centre di negara bagian Rakhine. AHA Centre, organisasi antarpemerintah yang didirikan negara-negara ASEAN dan bergerak di bidang koordinasi manajemen bencana, rencananya akan dilibatkan dalam membantu penyelesaian krisis kemanusiaan di Rakhine State.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne usai bertemu dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di sela-sela penyelenggaraan Bali Democracy Forum (BDF) ke-11 di Nusa Dua, Bali.

Dikatakan oleh Payne, Australia memandang permasalahan yang ada di Rakhine adalah masalah yang nyata untuk wilayahnya dan sangat serius untuk ASEAN.

"Australia sangat mendukung keterlibatan AHA Centre atas permasalahan terhadap jumlah pengungsi di Rakhine," ujarnya, Nusa Dua, Kamis (6/12/2018).

Pernyataan Payne ini diamini oleh Menlu Retno. "Kami sepakat untuk tetap berhubungan tentang bagaimana bersama-sama kami dapat mendukung AHA Centre dan masa depan keterlibatan AHA Centre di negara bagian Rakhine," ujar Retno.

Selain membahas keterlibatan AHA Centre dalam krisis di Rakhine, Retno dan Payne juga membahas mengenai pengembangan konsep Indo Pasifik dan sentralitas ASEAN. Diakui Payne keamanan dan stabilitas kawasan Pasifik tidak datang dengan sendirinya.

"Butuh kerja keras untuk bersatu sebagai bangsa yang fokus pada keamanan dan stabilitas nilai-nilai dari banyak dekade sekarang," ucap Payne.
(ian)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak