Wapres ke Menlu: Indonesia Tak Akan Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel

Rabu, 17 April 2024 - 17:14 WIB
loading...
Wapres ke Menlu: Indonesia Tak Akan Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel
Wapres Ma’ruf Amin memanggil Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024). Foto/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memanggil Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024). Pada kesempatan itu, Wapres mendapatkan laporan bahwa Indonesia secara tegas tidak akan membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

"Ibu Menlu melaporkan terkait dengan hal yang berhubungan dengan eksistensi Palestina dan hubungan antara Indonesia dengan Palestina, jadi tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyertakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia," ujar Juru Bicara Masduki Baidlowi dalam keterangannya.

Sementara itu, Wapres meminta Menlu Retno untuk memperjuangkan two state solution atau solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Palestina dan Israel.



"Jadi Ibu Menlu melaporkan kepada bapak Wapres bahwa Indonesia tetap konsisten berada di jalur itu dan akan terus konsisten dalam pemerintahan ini, dan itu didukung sepenuhnya oleh bapak Wakil Presiden untuk terus konsisten, bahwa two state solution itu adalah final tidak akan berubah," ungkap Masduki.

Dalam kesempatan itu, Wapres juga mendapatkan laporan dari Menlu Retno terkait memanasnya situasi konflik antara Iran dan Israel. “Ibu Menlu melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh ibu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintahan Indonesia terhadap berbagai negara, termasuk kepada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang, agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel,” kata Masduki.

"Jadi itu saya kira dilakukan cukup intensif dan sampai sekarang juga masih terus dilakukan oleh

Lihat Juga: Bentuk Kesetiaan, Sepasang Kecoa Saling Kanibalisme Usai Kawin
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3180 seconds (0.1#10.140)