alexametrics

China Minta Penjelasan Kanada dan AS Soal Penangkapan Bos Huawei

loading...
China Minta Penjelasan Kanada dan AS Soal Penangkapan Bos Huawei
Kementerian Luar Negeri China meminta penjelasan dari Kanada dan Amerika Serikat (AS) Kepala Staf Keuangan Huawei Technologies, Meng Wanzhou. Foto/Istimewa
A+ A-
BEIJING - Kementerian Luar Negeri China meminta penjelasan dari Kanada dan Amerika Serikat (AS) Kepala Staf Keuangan Huawei Technologies, Meng Wanzhou. Meng, telah diburu AS atas tuduhan melakukan perdagangan dengan Iran yang sedang dijatuhi sanksi oleh Washington.

"Kami telah membuat pernyataan khidmat ke Kanada dan AS, menuntut kedua pihak segera mengklarifikasi alasan penahanan, dan segera membebaskan tahanan untuk melindungi hak-hak hukum orang tersebut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (6/12).

Kedutaan Besar China di Ottawa, Kanada juga dilaporkan telah mengeluarkan protes atas penangkapan Meng dan mendesak otoritas Kanada untuk segera menjelaskan maksud dari penangkapan tersebut.

"Pihak China dengan tegas menentang dan dengan keras memprotes tindakan semacam itu, yang telah secara serius melanggar hak asasi manusia korban. Pihak China telah mengajukan representasi keras dengan pihak AS dan Kanada, dan mendesak mereka untuk segera memperbaiki kesalahan dan membebaskan Meng," kata kedubes China.

Sebelumnya diwartakan, juru bicara Departemen Kehakiman Kanada Ian McLeod, mengatakan wanita itu ditangkap pada hari Sabtu dan sedang menunggu pemeriksaan yang dijadwalkan pada hari Jumat besok.

Dia menolak memberikan rincian tentang situasi penangkapan eksekutif China itu, dengan hanya menuturkan Meng ditangkap untuk kemudian diekstradisi ke AS. McLedo juga menolak untuk menguraikan tuduhan yang akan dihadapi oleh Meng di AS.
(esn)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak