Dubes RI: Kondisi Iran Kembali Normal Pascaserangan ke Israel

Senin, 15 April 2024 - 10:59 WIB
loading...
Dubes RI: Kondisi Iran Kembali Normal Pascaserangan ke Israel
Dubes RI untuk Iran, Ronny Prasetyo Yuliantoro menyatakan kondisi Tehran secara umum aman pascaserangan Iran ke Israel, Sabtu (13/4/2024). FOTO ILUSTRASI/IST
A A A
JAKARTA - Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Iran, Ronny Prasetyo Yuliantoro menyatakan kondisi Tehran secara umum aman pascaserangan Iran ke Israel , Sabtu (13/4/2024). Aktivitas tampak berlangsung normal.

"Kondisi di Teheran saat ini secara umum aman. Kehidupan tampak berlangsung normal," kata Ronny saat dikonfirmasi MNC Portal,Senin (15/4/2024).

Meski begitu, pihaknya akan terus memantau perkembangan situasi di kawasan Timur Tengah. Pihaknya terus menyiapkan langkah kontijensi, termasuk evakuasi ratusan warga negara Indonesia (WNI) di Iran jika situasi kembali memburuk ke depan.



"Kontijensi atau siaga masih tetap diberlakukan. Jika situasi memburuk akan dilakukan langkah-langkah yang diperlukan, termasuk evakuasi untuk 376 WNI," ucapnya.

Untuk diketahui, Iran dilaporkan telah meluncurkan lebih dari 200 drone dan rudal ke Israel sejak Sabtu (13/4/2024) malam. Ini adalah serangan pertama yang dilakukan Iran secara langsung terhadap wilayah Israel.

Menurut otoritas resmi Iran, serangan akhir pekan ini adalah pembalasan atas serangan Israel terhadap Konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024. Serangan Zionis kala itu menewaskan 7 perwira Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, termasuk dua komandan seniornya.

(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)