Negara-negara G7 Dukung Ukraina yang Berseteru dengan Rusia

Sabtu, 01 Desember 2018 - 03:46 WIB
Negara-negara G7 Dukung Ukraina yang Berseteru dengan Rusia
Negara-negara G7 Dukung Ukraina yang Berseteru dengan Rusia
A A A
KIEV - Tujuh negara dengan ekonomi terbesar di dunia yang dikenal sebagai Kelompok Tujuh (G7) menyatakan dukungan untuk Ukraina yang sedang berseteru dengan Rusia. Kelompok negara itu mengutuk tindakan militer Rusia di Selat Kerch, pantai Crimea, hari Minggu lalu.

Negara-negara G7, yakni Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa, pada hari Jumat menegaskan kembali "dukungan tak tergoyahkan untuk kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina".

G7, dalam sebuah pernyataan, mengatakan tidak ada pembenaran untuk penggunaan kekuatan militer Rusia terhadap kapal-kapal dan personel angkatan laut Ukraian di Selat Kerch.

"Kami mendesak menahan diri, menghormati hukum internasional, dan mencegah eskalasi lebih lanjut. Kami menyerukan kepada Rusia untuk melepaskan awak dan kapal yang ditahan dan menahan diri dari melanggar hukum melalui Selat Kerch," bunyi pernyataan G7.

"Kami, G7, sekali lagi menegaskan bahwa kami tidak, dan tidak akan pernah, mengakui aneksasi ilegal Rusia di semenanjung Crimea, dan kami menegaskan kembali dukungan tak tergoyahkan kami untuk kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial," lanjut pernyataan tersebut.

Olexiy Makeyev, direktur politik di kementerian luar negeri Ukraina, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Ukraina membela diri dari "agresi" Rusia.

"Kami mengandalkan dukungan dari mitra Amerika kami dan kami menikmati dukungan penuh juga dari Uni Eropa," katanya, yang dilansir Sabtu (1/12/2018).

Pernyataan dukungan G7 muncul sehari setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan pertemuannya dengan Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT G20 di Buenos Aires.

Kapal perang Rusia pada hari Minggu menanembaki kapal-kapal militer Ukraina saat melewati Selat Kerch dalam perjalanan dari Laut Hitam ke Laut Azov.

Konfrontasi meningkat setelah Rusia menangkap tiga kapal dan menangkap 24 awak Ukraina. Puluhan awak kapal Kiev itu dikirim ke Moskow untuk menjalani sidang pengadilan. Ukraina mengatakan, para tahanan itu adalah "tawanan perang" Rusia.

Pada hari Jumat, Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengatakan kepada penyiar Sky News bahwa keputusan Trump untuk membatalkan pembicaraan yang dijadwalkan dengan Putin adalah bukti "isolasi" terhadap pemimpin Rusia.

"Setelah serangan kimia di Inggris, setelah serangan teror terhadap (pesawat) MH17, setelah agresi Rusia di timur negara saya, setelah Suriah, setelah semua tindakan katastrofik ini, Putin dalam isolasi," katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5484 seconds (0.1#10.140)