7 Jam One Way Arah Jakarta, Lalin Jalur Puncak Bogor Kembali Normal Dua Arah

Jum'at, 12 April 2024 - 20:43 WIB
loading...
7 Jam One Way Arah Jakarta, Lalin Jalur Puncak Bogor Kembali Normal Dua Arah
Kendaraan menuju Puncak yang sempat tertahan selama sekitar 7 jam karena proses one way menuju Jakarta sejak siang tadi sudah dapat kembali bisa melintas. Foto/MPI
A A A
BOGOR - Arus lalu lintas di Jalur Puncak , Kabupaten Bogor malam ini sudah normal dua arah. Kendaraan menuju Puncak yang sempat tertahan selama sekitar 7 jam karena proses one way menuju Jakarta sejak siang tadi sudah dapat kembali bisa melintas.

"Dari kawasan Puncak hari ini pukul 19.00 WIB kawasan wisata Puncak sudah dinormalkan dua arah sejak diberikan fasilitas one way bagi masyarakat yang bergerak dari arah Puncak menuju ke Gadog dari pukul 11.30 WIB siang tadi," ujar Wadirlantas Polda Jawa Barat AKBP Edwin Afandi di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jumat (12/4/2024).



Kata dia, volume kendaraan yang melintasi Jalur Puncak pada hari ini memang mengalami peningkatan. Karena, terjadi pertemuan arus wisata dengan arus balik mudik Lebaran.

"Pengaturan oneway dari arah Puncak mengarah ke Gadog lebih lama dari biasanya terkait karena kepadatan arus lalu lintas di kawasan Puncak ini meningkat kendaraan yang akan turun ke arah Gadog. Kita memantau hingga perbatasan cmCianjur kendaraan tetap berduyun-duyun akan melintas di kawasan Puncak."

"Ini adalah pertemuan atau gabungan antara yang akan kembali dari kawasan wisata Puncak dengan masyarakat yang akan kembali ke daerah Jakarta yang tadinya sudah mudik ke wilayah Cianjur dan sekitarnya," sambungnya.

Tercatat, lanjut Edwin, terdapat sekitar 80.000 kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju Puncak dan arah sebaliknya Puncak menuju Jakarta. Petugas terus bersiaga di kawasan wisata tersebut untuk mengamankan arus lalu lintas.

"Sekitar 40.000 kendaraan yang naik (ke Puncak) dan 40.000 yang turun (ke Jakarta). Data ini terus bergerak hingga nanti malam pukul 24.00 WIB karena anggota kami tetap berjaga di lapangan berkaitan dengan mengantisipasi jumlah ataupun orang yang akan kembali ke Jakarta malam hari," ungkapnya.

Diprediksi, puncak arus kendaraan di Jalur Puncak akan terjadi pada 13-15 April 2024. Polisi akan memberlakukan rekayasa lalu lintas baik sistem ganjil genap maupun one way di Jalur Puncak.



"Tentunya di pagi hari kita akan memberikan fasilitas oneway bagi masyarakt yang akan berwisata ke Puncak dan di sore hari kita akan memberikan fasilitas one way untuk kendaraan yang akan kembali. Kemudian kita akan menerapkan rekayasa ganjil genap untuk membatasi kapasitas kendaraan yang akan berwisata di kawasan Puncak," tutupnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)