alexametrics

Tiga Tentara AS Tewas Terkena Bom Taliban di Afghanistan

loading...
Tiga Tentara AS Tewas Terkena Bom Taliban di Afghanistan
Para tentara Amerika Serika saat patroli di wilayah Ghazni, Afghanistan. Foto/REUTERS/Mustafa Andalib/File Photo
A+ A-
KABUL - Ledakan bom di tepi jalan menewaskan tiga tentara Amerika Serikat (AS) dan melukai tiga orang lainnya di dekat kota Ghazni di Afghanistan tengah, Selasa (27/11/2018). Misi Resolute Support NATO mengonfirmasi insiden tersebut.

Kelompok Taliban, yang menguasai sebagian besar wilayah Ghazni, mengaku bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. Seorang kontraktor sipil Amerika merupakan satu di antara beberapa korban luka.

Seorang komandan Taliban di Ghazni mengatakan pasukan keamanan AS dan Afghanistan melakukan penggerebekan di berbagai wilayah Ghazni. Namun, gerilyawan Taliban berhasil menanam alat peledak improvisasi (IED) yang kuat di Shahbaz yang menargetkan salah satu kendaraan lapis baja pasukan kedua negara tersebut.

"Pasukan AS dan Afghanistan berusaha mati-matian untuk merebut kembali beberapa tempat penting di Ghazni dan telah melakukan beberapa serangan tetapi mereka tidak bisa berhasil dan menderita kerugian," kata komandan itu, yang dikutip Reuters, tanpa disebutkan namanya.

Pernyataan NATO tidak memberikan rincian tentang serangan bom tersebut. Namun, Mohammad Arif Noori, seorang juru bicara untuk gubernur provinsi setempat, mengatakan bahwa sebuah kendaraan lapis baja yang membawa pasukan AS terkena sebuah bom di pinggir jalan besar di daerah Shahbaz, tepat di luar kota, pada Selasa pagi.

Dia mengatakan pasukan khusus AS telah melakukan operasi dengan pasukan Afghanistan di sekitar kota Ghazni sejak Senin.

Korban bom itu adalah yang terbaru dari jumlah korban tewas dari pihak pasukan AS di Afghanistan. Sebelumnya, seorang tentara Ranger tewas selama operasi terhadap militan al-Qaeda di Provinsi Nimruz pada hari Sabtu.

Sepanjang tahun ini, sudah 11 anggota layanan militer AS tewas di Afghanistan termasuk "serangan orang dalam" yang dilakukan tentara atau pun polisi Afghanistan. Empat serdadu Ceko, yang tergabung dalam Misi Resolute Support NATO, juga telah terbunuh.

Militer AS belum memberikan konfirmasi atas ledakan bom yang menewaskan tiga tentaranya. Kota Ghazni, yang terletak di jalan raya utama yang menghubungkan Kabul dengan Kandahar, sejak awal tahun ini telah dipenuhi pasukan Taliban sebelum diperangi pasukan Afghanistan dan AS.

Sekitar 14.000 pasukan AS tetap berada di Afghanistan sebagai bagian dari Misi Resolute Support NATO dan misi kontra-terorisme terpisah yang ditujukan terhadap kelompok-kelompok militan seperti al-Qaeda dan ISIS.
(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak