Raja Malaysia Nikahi Eks Miss Moskow usai Masuk Islam

Selasa, 27 November 2018 - 22:59 WIB
Raja Malaysia Nikahi Eks Miss Moskow usai Masuk Islam
Raja Malaysia Nikahi Eks Miss Moskow usai Masuk Islam
A A A
MOSKOW - Raja Malaysia Muhammad V, 49, menikahi mantan Miss Moskow, Rusia; Oksana Voevodina, 25, setelah sang mantan ratu kecantikan tersebut masuk Islam atau mualaf.

Pernikahan yang jadi pemberitaan sejumlah media internasional, Selasa (27/11/2018), ini berlangsung 22 November di Barvikha, sebuah desa mewah di Moskow yang dihuni oleh para elite Rusia.

Voevodina yang memenangkan gelar Miss Moskow pada tahun 2015 kini resmi menyandang gelar sebagai Ratu Malaysia. Pernikahan ini jadi sorotan mengingat latar belakang Voevodina yang pernah bangga disebut sebagai "bandit" saat masih sekolah, kemudian menjadi model, berpose bikini, hingga pernah mengenakan berjilbab belum lama ini.

Oksana Voevodina dilaporkan menjadi mualaf awal tahun ini. Dia merupakan putri dokter bedah Rusia dan pernah bekerja sebagai model di China dan Thailand.

Usia Voevodina 24 tahun lebih muda dari Raja Muhammad V yang dikenal dengan gelar Yang di-Pertuan Agong. Nama lengkap pengantin pria adalah Tengku Muhammad Faris Petra ibni Tengku Ismail Petra.

Pesta pernikahan digelar bebas alkohol dan semua makanan halal. Raja mengenakan pakaian nasional Malaysia sedangkan pengantin wanita mengenakan gaun pengantin putih.

Sebelum menjadi pengantin kerajaan, Voevodina pernah menceritakan masa remajanya. "Ketika saya di sekolah, saya adalah semacam bandit," katanya.

"Saya menyukai beberapa skater, sepeda, VMX, orang-orang yang ikut serta dalam kompetisi. Saya suka mengendarai sepeda juga," ujarnya.

"Saya pikir bahwa pria itu harus menjadi kepala keluarga dan tentu saja tidak akan mendapatkan kekurangan dari seorang wanita," katanya.

Situs berita Malaysia, Rakyatku.com, melaporkan bahwa mantan ratu kecantikan itu masuk Islam pada 16 April 2018. Dia merupakan lulusan dari Fakultas Bisnis di Plekhanov Russian University of Economics.

Tidak jelas apakah dia telah menikah sebelumnya karena dia telah menggunakan nama keluarga Voevodina selama berkarier sebagai model glamour. Namun, dia kini kembali menggunakan nama keluarga ayahnya, Gorbatenko.

Laporan media di Kuala Lumpur mengatakan dia akan dikenal di masa depan sebagai Rihana Oxana Gorbatenko.

Ayahnya, Andrey Gorbatenko, adalah seorang ahli bedah ortopedi dari Rostov-on-Don yang diyakini berusia 50-an tahun.

Sedangkan Raja Malaysia Muhammad V berasal dari Kelantan. Dia resmi menjalani cuti medis dari tugasnya sampai akhir tahun. Dia sebelumnya menikah dengan anggota kerajaan Melayu. Keduanya bercerai pada tahun 2008, dan pada tahun 2016 Muhammad V menjadi raja pertama dalam sejarah Malaysia yang memerintah tanpa permaisuri.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4115 seconds (0.1#10.140)