Bersiap Ujian Masuk PTN? Ini Bedanya Pusat UTBK dan Lokasi UTBK

Jum'at, 12 April 2024 - 08:19 WIB
loading...
Bersiap Ujian Masuk PTN? Ini Bedanya Pusat UTBK dan Lokasi UTBK
Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan segera dilaksanakan pada 30 April 2024 untuk gelombang pertama, sedangkan gelombang kedua dimulai pada 14 Mei 2024. Foto/laman UI
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara pusat UTBK dan lokasi UTBK yang perlu diketahui calon peserta ujian masuk PTN. Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan segera dilaksanakan pada 30 April 2024 untuk gelombang pertama, sedangkan gelombang kedua dimulai pada 14 Mei 2024.

Peserta SNBT UTBK perlu membedakan antara pusat UTBK dan lokasi UTBK biar tak salah mengerti. Artikel kali ini akan membahas perbedaan antara pusat UTBK dan lokasi UTBK, simak ya!

Perbedaan Pusat UTBK dan Lokasi UTBK


Pusat UTBK


Pusat UTBK dipilih oleh peserta untuk menentukan dimana peserta itu akan mengikuti UTBK 2024. Namun, belum tentu peserta mendapatkan lokasi di pusat UTBK tersebut.

Bisa saja peserta mendapatkan lokasi di sekitar pusat UTBK dan yang masih menjadi bagian dari pusat UTBK yang peserta pillih. Pusat UTBK berbentuk universitas yang dapat dipilih peserta. Terdapat 74 pusat UTBK yang tersebar di seluruh Indonesia.


Misalnya, peserta A memilih pusat UTBK di Institut Pertanian Bogor. Namun, lokasi ikut serta UTBK peserta A yaitu di Laboratorium Perpustakaan yang lokasinya tidak jauh dari Institut Pertanian Bogor.

Sehingga peserta UTBK 2024 wajib memastikan cari tahu alamat pusat UTBK sebelum mengisi di laman SNBT. Hal ini dikarenakan setelah peserta membayar SNBT, sudah tidak bisa mengubah pusat UTBK 2024 lagi.

Lokasi UTBK


Lokasi UTBK bukan ditentukan oleh peserta namun oleh sistem/panitia SNBT. Lokasi UTBK bisa berbentuk universitas, laboratorium, sekolah, perpustakaan, dan tempat lainnya yang memiliki perangkat komputer.

Biasanya, lokasi UTBK jaraknya tidak jauh dari pusat UTBK. Maka dari itu, peserta wajib teliti melihat alamat lokasi UTBK yang ada di kartu peserta SNBT UTBK 2024 untuk menghindari salah lokasi saat hari ujian.

Selain lokasi, yang perlu diperhatikan oleh peserta adalah waktu ujian. Terdapat dua sesi dalam satu hari, pastikan kamu datang ke lokasi UTBK sesuai dengan sesi yang telah ditentukan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3676 seconds (0.1#10.140)