Israel Ancam Balas Aksi Turki Batasi Hubungan Dagang

Selasa, 09 April 2024 - 19:30 WIB
loading...
Israel Ancam Balas Aksi Turki Batasi Hubungan Dagang
Menlu Israel Israel Katz. Foto/Boaz Arad
A A A
TEL AVIV - Menteri Luar Negeri Israel menegaskan Turki telah “melanggar secara sepihak” perjanjian perdagangan dengan keputusannya membatasi ekspor ke Israel.

Israel Katz menekankan, Israel akan menanggapinya dengan pembatasan perdagangannya sendiri terhadap produk-produk yang berasal dari Turki, menurut laporan Reuters.

Menteri Luar Negeri Israel Katz mengatakan, “Presiden Turki Tayyip Erdogan sekali lagi mengorbankan kepentingan ekonomi rakyat Turki untuk mendukung Hamas, dan kami akan menanggapinya dengan cara yang sama.”

Hal ini terjadi setelah Kementerian Perdagangan Turki mengumumkan Ankara akan membatasi ekspor berbagai macam produk ke Israel, termasuk baja dan bahan bakar jet, sampai gencatan senjata diumumkan di Gaza.

Dikatakan, langkah-langkah tersebut akan berlaku untuk ekspor produk dari 54 kategori berbeda, termasuk besi, marmer, baja, semen, aluminium, batu bata, pupuk, peralatan dan produk konstruksi, bahan bakar penerbangan dan banyak lagi.

“Keputusan ini akan tetap berlaku sampai Israel, berdasarkan kewajibannya berdasarkan hukum internasional, segera mengumumkan gencatan senjata di Gaza dan mengizinkan aliran bantuan kemanusiaan yang cukup ke Jalur Gaza tanpa hambatan,” tegas kementerian Turki.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0904 seconds (0.1#10.140)