alexametrics

Saudi Tuntut Turki Serahkan Bukti Kasus Khashoggi

loading...
Saudi Tuntut Turki Serahkan Bukti Kasus Khashoggi
Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mendesak Turki untuk memberikan bukti kasus pembunuhan Jamal Khashoggi. Foto/Istimewa
A+ A-
RIYADH - Arab Saudi sedang menyelidiki kasus pembnuhan Jamal Khashoggi karena melibatkan seorang warganya. Siapa pun yang memiliki informasi terkait kasus ini, harus menghubungi pengadilan Saudi dan menyampaikanya.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir.

"Kerajaan telah mengambil semua langkah yang diperlukan untuk mencapai keadilan dan meminta pertanggungjawaban semua yang terlibat dalam pembunuhan warga negara Saudi, Jamal Khashoggi," ujar al-Jubeir seperti dikutip dari Arab News, Rabu (21/11/2018).

Ia menyambut baik kerja sama antara Arab Saudi dan Turki dalam penyelidikan kasus ini. Namun ia menegaskan bahwa Arab Saudia adalah satu-satunya negara yang berwenang mengadili kasus ini. Karena itu, ia meminta Turki untuk menyerahkan bukti pembunuhan jurnalis The Washington Post tersebut.

"Kerajaan bekerja sama dengan pihak Turki, dan Jaksa Penuntut Umum Saudi meminta mitranya dari Turki untuk memberikan bukti terperinci melalui tiga memorandum. Sayangnya, Jaksa Penuntut Umum belum menerima bukti yang diminta," ujarnya.

"Kami berharap bahwa pihak berwenang Turki akan memberikan Jaksa Penuntut Umum bukti yang terkait dengan kasus tersebut untuk diajukan ke pengadilan," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, ia pun menyatakan bahwa Arab Saudi menolak segala bentuk politisasi terhadap kasus Khashoggi.

"Kami menolak setiap upaya untuk secara politik mengeksploitasi kasus Khashoggi, dan mereka yang mencari keadilan harus menyerahkan bukti yang mereka miliki ke pengadilan Saudi, satu-satunya badan yang kompeten dalam kasus ini," tegasnya.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak