alexametrics

Rusia Rilis Video Misi Pertama Jet Siluman Su-57 di Suriah

loading...
Rusia Rilis Video Misi Pertama Jet Siluman Su-57 di Suriah
Pesawat jet tempur siluman generasi kelima Rusia, Su-57. Foto/Kementerian Pertahanan Rusia/YouTube
A+ A-
MOSKOW - Militer Rusia telah merilis rekaman misi pertama pesawat jet tempur siluman Su-57 di Suriah. Manuver yang diklaim sebagai uji coba penerbangan itu awalnya terdeteksi satelit Israel pada Februari lalu.

Militer Moskow tak menjelaskan mengapa video baru dirilis hari Senin (19/11/2018) kemarin, meski misi diam-diam itu berlangsung sembilan bulan lalu.

Sukhoi Su-57 yang secara resmi baru akan dikirim untuk layanan militer Moskow pada 2019 mendatang adalah jet tempur generasi kelima Rusia. Pesawat tempur siluman tercanggih Moskow ini muncul sebagai jawaban untuk jet tempur siluman F-22 Raptor dan F-35.

Media Israel melaporkan pada bulan Februari lalu bahwa satelit negara mayoritas Yahudi itu telah mendeteksi setidaknya dua jet tempur siluman ditempatkan di pangkalan udara Khmeimim yang dioperasikan Rusia di pantai barat Suriah.

Pada tanggal 9 Mei, Su-57 menjadi pusat perhatian dalam pawai militer besar-besaran di Moskow untuk memperingati kemenangan Tentara Soviet atas Nazi Jerman selama Perang Dunia II.

"Kru Su-57 melakukan lebih dari 10 penerbangan di Suriah," kata Kementerian Pertahanan saat merilis video tersebut hari Senin, yang dikutip The Moscow Times, Selasa (20/11/2018).

Video yang dirilis hanya berdurasi satu menit yang menunjukkan pesawat lepas landas, menguadara dan mendarat.

"Penerbangan itu dilakukan untuk mendemonstrasikan kemampuan pesawat canggih yang dinyatakan dalam situasi pertempuran nyata," lanjut Kementerian Pertahanan Rusia.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak