Iran Berharap UE Dapat Selamatkan Kesepakatan Nuklir

Senin, 19 November 2018 - 17:37 WIB
Iran Berharap UE Dapat Selamatkan Kesepakatan Nuklir
Iran Berharap UE Dapat Selamatkan Kesepakatan Nuklir
A A A
TEHERAN - Iran masih berharap bahwa kesepakatan nuklir yang dicapai tahun 2015 dengan lima negara kekuatan dunia dapat terus dipertahankan. Teheran menuturkan, mereka berharap pada Uni Eropa (UE) dalam hal ini.

"Ada beberapa ambiguitas tentang implementasi mekanisme UE untuk melindungi perdagangan dengan Iran dari sanksi Amerika Serikat (AS). Tapi, kami tetap berharap bahwa Eropa dapat menyelamatkan kesepakatan itu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi, seperti dilansir Reuters pada Senin (19/11).

UE telah mencoba untuk mendirikan Special Purpose Vehicle (SPV) untuk perdagangan non-dolar dengan Iran untuk menyelamatkan kesepakatan itu. Di mana berdasarkan kesepakatan itu sebagian besar sanksi Iran sebagai ganti Teheran membatasi program nuklirnya.

SPV dipahami sebagai "clearing house" atau kantor penerimaan cek antara bank, yang dapat digunakan untuk membantu mencocokkan ekspor minyak dan gas Iran dengan pembelian barang-barang UE, menghindari sanksi AS berdasarkan penggunaan global dolar untuk penjualan minyak.

UE telah berusaha menetapkan SPV bulan ini, tetapi tidak ada negara yang menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah. "Kami mengharapkan UE untuk menerapkan SPV sesegera mungkin. Iran mempertahankan komitmennya selama penandatangan lain juga menghormati komitmenya," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3233 seconds (0.1#10.140)