Turki Desak Israel Hentikan Serangan ke Gaza

Selasa, 13 November 2018 - 22:14 WIB
Turki Desak Israel Hentikan Serangan ke Gaza
Turki Desak Israel Hentikan Serangan ke Gaza
A A A
ANKARA - Turki menyerukan Israel untuk menghentikan serangan terhadap warga Gaza. Ankara juga mendesak komunitas internasional untuk mengambil tanggung jawab sebagai tanggapan atas serangan Israel baru-baru ini.

"Serangan-serangan ini sekali lagi menunjukkan sikap tidak sah Israel, tirani, dan pendudukan," kata juru bicara pemerintah Turki, Ibrahim Kalin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Selasa (13/11).

“Serangan-serangan terhadap orang-orang Gaza ini harus segera dihentikan. Masyarakat internasional, yang terus diam tentang serangan Israel, harus bertanggung jawab dan bertindak," sambungnya.

Kalin kemudian mengatakan, seluruh dunia harus menolak kebijakan pendudukan dan ekspansionis Israel, yang berusaha mengubah tanah Palestina menjadi penjara terbuka. Dia lalu menuturkan, bahwa pemerintah Israel saat ini tidak ingin melanjutkan pembicaraan untuk mencapai solusi dua negara.

"Jelas bahwa pemerintah Israel yang ada tidak percaya pada solusi dua negara dan bekerja untuk menyabotase proses itu. Tidak mungkin untuk menerima solusi yang tidak mempertimbangkan kemerdekaan dan keamanan rakyat Palestina. Orang-orang Palestina tidak sendirian atau tidak berdaya," ucapnya.

Sebelumnya, Uni Eropa (UE) dan PBB juga mendesak Israel untuk menghentikan serangan udara guna menghentikan meningkatnya ketegangan di sekitar Jalur Gaza.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, juru bicara kepala kebijakan luar negeri UE, Maja Kocijancic mengatakan, peningkatan kekerasan di dalam dan sekitar Gaza selama dalam beberapa jam terakhir sangat memprihatinkan.

Kocijancic menyebut, serangan tanpa pandang bulu dan tindakan lain, seperti menargetkan warga sipil adalah sesuatu tidak dapat diterima dan mendesak segera menghentikan semua tindakan kekerasan.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres. Dalam sebuah wawancara dengan media Prancis, Guterres menuturkan, situasi di Gaza saat ini sangat mengkhawatirkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4510 seconds (0.1#10.140)