alexametrics

Turki Mendesak PBB untuk Mereformasi Dewan Keamanan

loading...
Turki Mendesak PBB untuk Mereformasi Dewan Keamanan
Turki menyerukan agar PBB mereformasi Dewan Keamanan. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Turki mendorong negara-negara anggota PBB untuk mereformasi Dewan Keamanan (DK) PBB. Dewan Keamanan PBB harus menjadi badan yang lebih transparan, demokratis, representatif dan bertanggung jawab.

Pernyataan dari Duta Besar Turki untuk PBB, Feridun Sinirlioglu, muncul pada panel Dewan Keamanan berjudul "Pemeliharaan Perdamaian dan Keamanan Internasional: memperkuat multilateralisme dan peran Perserikatan Bangsa-Bangsa."

"Semakin banyak transparansi yang ditampilkan Dewan ketika melakukan pekerjaannya, semakin dapat dipertanggungjawabkan," ujar Sinirlioglu.

"Dewan yang lebih responsif terhadap keanggotaan PBB akan lebih baik ditempatkan untuk menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks," tambahnya.

“Peningkatan transparansi dan keefektifan akan semakin meningkatkan keabsahan badan ini. Itu, pada gilirannya, hanya akan memperkuat peran PBB dalam mencapai perdamaian, keamanan dan kemakmuran ekonomi untuk kepentingan semua, dengan komitmen baru untuk multilateralisme,” katanya seperti dikutip dari Anadolu, Minggu (11/11/2018).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah lama menganjurkan reformasi struktur Dewan Keamanan, menggunakan motto: "Dunia lebih besar dari lima."

Erdogan merujuk kepada lima negara besar yang mempunyai hak veto di DK PBB. Kelima negara itu adalah Amerika Serikat (AS), Rusia, Cina, Inggris, dan Prancis.

"Era lima anggota tetap (di DK PBB) sudah berakhir," katanya, dengan alasan bahwa pengaturan saat ini berasal dari keadaan Perang Dunia II.

Baca: Erdogan Serukan Dewan Keamanan PBB Direformasi
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak