alexametrics

Rouhani: Sanksi Baru AS Tidak Berdampak pada Kami

loading...
Rouhani: Sanksi Baru AS Tidak Berdampak pada Kami
Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan sanksi baru AS tidak berdampak pada negaranya. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan sanksi baru yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) tidak akan berdampak pada negara itu. Gedung Putih menjatuhkan sanksi yang menargetkan pelayaran Iran, pembangunan kapal dan sektor keuangan.

"Sanksi itu tidak berdampak pada ekonomi kami karena Amerika telah menggunakan semua senjata yang ada dan tidak ada yang baru untuk digunakan melawan kami," kata Rouhani dalam pernyataan yang disiarkan langsung di televisi pemerintah.

"Mereka baru saja mengeluarkan daftar panjang bank, cabang mereka dan maskapai penerbangan dan pesawat mereka. Dan ini menunjukkan bahwa mereka hanya mencoba mempengaruhi bangsa Iran secara psikologis," tambahnya seperti dikutip dari The Hill, Minggu (11/11/2018).

Sanksi yang diberlakukan Senin lalu adalah putaran terakhir yang diberlakukan kembali menyusul penarikan Presiden Trump dari perjanjian nuklir era Obama dengan Iran, yang memberi negara bantuan sanksi senilai miliaran dolar dengan imbalan pembatasan program nuklirnya.

Kesepakatan itu dicapai antara Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Prancis, China dan Rusia dengan Iran.

Gedung Putih mengatakan akan mengizinkan sementara delapan importir minyak Iran untuk melanjutkan perdagangan tersebut.

"Sekarang telah menjadi jelas bahwa Amerika tidak dapat memotong ekspor minyak Iran ke nol," kata Rouhani.

Sanksi tersebut dimaksudkan untuk mengekang program nuklir dan rudal Iran serta pendanaan pasukan proksi di Suriah, Lebanon, Yaman dan daerah lain di seluruh Timur Tengah.

"Ini bagian dari kampanye tentang yang kita bicarakan hari ini adalah sederhana: Hal ini bertujuan untuk mengurangi pendapatan rezim yang digunakannya untuk menyebarkan kematian dan kehancuran di seluruh dunia," kata Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak