Ribuan Orang Masih Suka Nonton Televisi Hitam Putih

Jum'at, 09 November 2018 - 13:19 WIB
Ribuan Orang Masih Suka Nonton Televisi Hitam Putih
Ribuan Orang Masih Suka Nonton Televisi Hitam Putih
A A A
LONDON - Lebih dari 7.000 orang masih menonton televisi dengan layar hitam dan putih di Inggris. Fakta ini mengejutkan karena sudah lebih dari setengah abad televisi (TV) dengan layar berwarna telah beredar luas.

London memiliki lisensi televisi terbanyak untuk hitam putih sebanyak 1.768, diikuti oleh West Midlands sebanyak 431, dan Greater Manchester 390. Total ada 7.161 keluarga di Inggris yang belum dapat menonton televisi berwarna meski telah disiarkan sejak 1967.

BBC2 merupakan saluran televisi pertama yang rutin menyiarkan acara berwarna mulai dari Juli tahun lalu dengan turnamen tenis Wimbledon. Jumlah lisensi hitam putih hampir setengah dalam lima tahun terakhir dan turun dari 212.000 pada 2000. Data itu dirilis oleh TV Licensing yang tam paknya meng ingatkan kembali pada sia pa pun me nonton televisi ha rus sesuai dengan hu kum memiliki lisensi televisi.

“Baik Anda menonton East Enders, Strictly, atau Question Time dengan televisi tua hitam putih berusia 50 tahun atau dengan gambar berwarna di tablet, Anda perlu memiliki lisensi TV untuk menonton atau merekam program saat mereka siaran,” kata juru bicara TV Licensing Jason Hill dikutip BBC.

“Anda harus memiliki lisensi TV untuk mengunduh atau menonton program BBC di iPlayer, di perangkat apa pun,” ujar Hill. Bulan lalu, organisasi itu menyatakan lebih dari 26.000 pemuda berusia 18 hingga 25 tahun tertangkap saat sedang menonton televisi live atau BBC iPlayer tanpa lisensi TV tahun lalu. Itu terjadi meski 92% pelajar itu tahu lisensi diperlukan untuk menonton acara favorit mereka.

Lisensi hitam putih memiliki satu kelebihan dibandingkan dengan lisensi televisi berwarna, yakni tarifnya lebih murah hanya 50,50 poundsterling per tahun dibandingkan yang berwarna 150,50 poundsterling per tahun.

TV Licensing tidak pernah melakukan pemeriksaan kerumah warga yang hanya memiliki lisensi televisi hitam putih. “Ini seluruhnya dilakukan atas kepercayaan,” kata juru bicara TV Licensing.

Sejarawan teknologi radio dan televisi, Jeffrey Borinsky menyatakan, para kolektor seperti dia masih memiliki sejumlah televisi hitam putih. “Siapa yang mau semua ini, televisi terbaru 4K Ultra HD, cakram satelit atau layar yang lebih besar daripada kamar Anda saat Anda bisa memiliki televisi hitam putih yang berharga,” tutur dia.

“Tiga puluh tahun silam, Anda masih bisa membeli televisi hitam putih, terutama ukuran kecil, paling kecil seharga 50 poundsterling dan yang menarik, beberapa orang masih memilikinya,” kata dia. Saat ini tak ada lagi televisi hitam putih baru yang dijual.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4983 seconds (0.1#10.140)