alexametrics

Media Turki: Bagian Tubuh Khashoggi Diangkut dalam Koper

loading...
Media Turki: Bagian Tubuh Khashoggi Diangkut dalam Koper
Media Turki menyebut tubuh Jamal Khashoggi yang telah dimutilasi dimasukkan ke dalam koper. Foto/Istimewa
A+ A-
Surat kabar pemerintah Turki, Sabah, melaporkan tubuh Jamal Khashoggi dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam lima koper setelah ia dicekik saat memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul. Mengutip para pejabat yang tidak disebutkan namanya, Sabah melaporkan bahwa koper-koper itu kemudian dibawa ke kediaman konsul Saudi di dekat konsulat tempat jurnalis itu dibunuh pada 2 Oktober lalu.

Para pejabat mengatakan bahwa Maher Mutreb, Salah Tubeigy dan Thaar al-Harbi adalah tiga tokoh kunci dari 15 anggota regu pembunuh yang terlibat dalam pemotongan tubuh Khashoggi dan mengeluarkannya dari lokasi.

Mutreb adalah seorang pembantu Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman, juga dikenal sebagai MBS, sementara Tubeigy adalah kepala Dewan Ilmiah Saudi dan seorang kolonel di tentara Saudi.

Al-Harbi sendiri dilaporkan dipromosikan menjadi letnan di pengawal kerajaan Saudi tahun lalu atas keberaniannya dalam membela istana putra mahkota di Jeddah seperti dikutip dari Al Jazeera, Minggu (4/11/2018).

Bocoran rincian itu bertepatan dengan pernyataan Presiden Recep Tayyip Erdogan di mana dia mengatakan dia percaya bahwa perintah untuk membunuh wartawan itu berasal dari pejabat "tingkat tinggi" negara Saudi.

Baca: Erdogan Sebut Bukan Raja Salman Dalang Pembunuhan Khashoggi

Dalam sebuah opini yang diterbitkan oleh surat kabar AS The Washington Post pada hari Jumat, Erdogan meminta Arab Saudi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penting mengenai pembunuhan atas pria berusia 59 tahun itu.

"Kami harus mengungkapkan identitas para dalang di balik pembunuhan Khashoggi," kata Erdogan.

Tubuh Khashoggi, mantan kolumnis Washington Post dan kritikus Pangeran Mohammad, hingga saat ini masih belum diketahui rimbanya.

Pada hari Rabu lalu, seorang Jaksa Turki mengatakan Khashoggi dicekik dan dimutilasi segera setelah memasuki konsul Arab Saudi di Istanbul. Itu adalah pernyataan resmi Turki terkait nasib Khashoggi.

Baca: Jaksa Turki: Khashoggi Dicekik dan Dimutilasi di Konsulat Saudi

Media Turki sendiri menyebut 15 tersangka asal Arab Saudi yang khusus terbang ke Istanbul dan pergi pada hari yang sama dengan peristiwa hilangnya Khashoggi.

Penyelidikan bersama Turki dan Saudi atas nasib Khashoggi telah membuat sedikit kemajuan sejauh ini.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak