Pemuda 17 Desa di Probolinggo Renovasi Musala, Dirikan Lampu PJU dan Bantu Dhuafa

Senin, 01 April 2024 - 15:33 WIB
loading...
Pemuda 17 Desa di Probolinggo Renovasi Musala, Dirikan Lampu PJU dan Bantu Dhuafa
Para pemuda 17 desa di Probolinggo memasang PJU untuk menyemarakkan suasana Ramadan dan Idulfitri. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PROBOLINGGO - Para pemuda 17 desa di Probolinggo merasakan suasana Ramadan dan Idulfitri lebih semarak. Hal ini setelah lingkungan makin terang benderang karena dipasang lampu-lampu di sejumlah titik.

Inisiatif ini dilakukan anak-anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna. Hingga saat ini ada 10 karta yang sudah mempetakan lokasi mana saja yang akan dibangun PJU ini.

Koordinator Heppiii Community Probolinggo Andi Susanto didampingi panitia acara Dwi Haryantoro mengatakan, 10 desa yang mengusulkan pembangunan PJU dalam kegiatan Ramadhan Heppiii ini adalah Karta Laweyan, Sukapura, Boto, Ngepung, Kademangan, Kedungsari, Pilang, Kedunggaleng, Sapikerep, dan Pohsangit Leres Probolinggo.

Untuk berapa jumlah PJU per titik, saat ini masih dikoordinasikan oleh karta setempat. Namun berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, satu karta minimal belasan hingga puluhan titik PJU.

"Kegiatan lain selama Ramadhan Heppiii ada juga karta yang akan renovasi musala, kemudian seperti tahun sebelumnya ada juga yang memberikan sembako untuk dhuafa khususnya janda-janda tua. Beberapa karta lainnya juga mengajak warga sekitar untuk ziarah wali," katanya, Senin (1/4/2024).

Kegiatan karta di bulan Ramadan ini diarahkan untuk kegiatan yang positif untuk warga sekitar. Hal ini sesuai dengan tema Ramadhan Heppiii yakni Bersama Melakukan Kebaikan.

Untuk Probolinggo total ada 17 karta Heppiii Community yang mengikuti kegiatan Ramadhan Heppiii. Karta ini adalah Brumbungan Lor, Ngepung, Sepuh Gembol, Boto, Kali Buntu, Sukapura, Sumber Kerang, Laweyan, Pohsangit Kidul, Pohsangit Leres, Kademangan, Pilang, Sapi Kerep, Kedunggaleng, Binor, Jrebeng Wetan, dan karta di Kedungsari, Probolinggo.

Ramadhan Heppiii ini digelar setiap tahun secara serentak di puluhan kota dengan fokus utama pembangunan desa. Pada 2023 lalu juga digelar kegiatan serupa dengan berbagai aktivitas sosial, seperti pemasangan lampu penerang jalan umum di ratusan titik di puluhan kota, kemudian perbaikan fasilitas publik seperti gapura, pos ronda, festival UMKM, bazar, santunan anak yatim dan dhuafa, dan kegiatan positif lainnya.

Selain Ramadhan Heppiii yang fokus dalam pembangunan desa, dalam waktu bersamaan juga digelar kegiatan Heppiii Ngabuburit yang lokasinya dipusatkan di area perkotaan. Kegiatan Heppiii Ngabuburit ini melibatkan komunitas anak-anak muda urban 76 Heppiii Community seperti extreme sport, BMX, skate board, mural, musik hiphop, dan lain-lain. Ada juga kegiatan lain yakni Safari Ramadhan yang diikuti oleh karta serta komunitas anak muda dan warga sekitar.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2568 seconds (0.1#10.140)