7 Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia, Ada yang Mirip Kantong Kertas

Sabtu, 30 Maret 2024 - 14:20 WIB
loading...
7 Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia, Ada yang Mirip Kantong Kertas
Arsitektur kampus yang unik bisa dilihat di Nanyang Technological University (NTU). Foto/ntu.edu.sg
A A A
JAKARTA - Kampus-kampus dengan arsitektur paling tidak biasa ini lebih dari sekadar bangunan estetis, melainkan juga sebuah karya seni yang bisa membantu mahasiswa menghidupkan kembali kegembiraan dan ide kreatif mereka.

Bangunan kampus atau universitas biasanya dibuat konvensional untuk menampilkan kesan formal dan elegan. Meski begitu, beberapa kampus di dunia tampil berani dengan bentuk atau desain gedung yang tidak biasa, kreatif, dan menonjol di antara lingkungan sekelilingnya.

Berikut ini tujuh kampus dengan arsitektur atau bentuk bangunan yang tergolong unik yang ada di seluruh dunia.


Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia


1. Bangkok University, The Diamond – Thailand

7 Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia, Ada yang Mirip Kantong Kertas

Foto: AE49

Bangunan Universitas Bangkok dipengaruhi oleh bentuk patung dan ukiran kristal yang unik. Pola berlian atau kristal mewakili tujuan institusi untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa.

Arsitek 49 merancang gedung Universitas Bangkok. Ada tiga bangunan secara keseluruhan, masing-masing memiliki ruang untuk melatih mahasiswa berdasarkan minatnya.

Selain itu, bangunannya memiliki perpustakaan, studio musik, dan teater. Kampus ini juga memiliki pusat inkubasi pengembangan perangkat lunak yang menyediakan kursus keamanan cyber, pemrograman komputer, dan pembuatan video game.

2. University of Technology Sydney – Australia

7 Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia, Ada yang Mirip Kantong Kertas

Foto:Thinkerten

Kampus dengan desain paling khas di dunia ini ternyata berasal dari negara tetangga Indonesia, Australia. Kampus ini memiliki desain yang sungguh tidak biasa dan mungkin belum pernah ada sebelumnya.

University of Technology Sydney memiliki struktur dengan desain mirip kantong kertas berwarna cokelat, yang biasa digunakan untuk mengemas makanan atau bahan makanan. Struktur "Kantong Kertas" berfungsi persis seperti sekolah bisnis.

Bentuk luarnya cukup melengkung, mirip dengan pembungkus kantong kertas. Frank Gehry, arsitek Kanada-Amerika yang terkenal dengan kreasinya yang tidak biasa, adalah otak di balik desain unik ini.

Karya Gehry yang tidak biasa lainnya termasuk Olympic Advertising Pavilion di Barcelona, Spanyol, dan Louis Vuitton Foundation di Paris, Prancis.

3. Nanyang Technological University – Singapura

7 Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia, Ada yang Mirip Kantong Kertas

Foto: stampingpassports22.com

Universitas Teknologi Nanyang membanggakan gedung kampus paling menarik karena bentuknya yang khas. Struktur ini biasanya berbentuk persegi panjang, memiliki empat sudut, dan menjulang ke atas.

Namun, Universitas Teknologi Nanyang memiliki struktur tanpa sudut, kadang-kadang dikenal sebagai bangunan melingkar, yang terbagi menjadi beberapa lantai.

Diameternya bertambah besar seiring bertambahnya tinggi lantai bangunan. Fasilitas ini juga dilengkapi taman di atap. Integrasi taman atap dengan bangunan merupakan keinginan yang didorong oleh Universitas Teknologi Nanyang.

4. Napier Edinburgh University – Skotlandia

7 Kampus dengan Arsitektur Terunik di Dunia, Ada yang Mirip Kantong Kertas

Foto:studentcrowd

Edinburgh Napier University membanggakan gedung kelas yang benar-benar tidak biasa. Lorong teater kampus dibuat seperti telur. Struktur unik ini dibangun pada 1964 dengan desain avant-garde

Seluruh bagian luar struktur terbuat dari kaca, sehingga menarik perhatian pejalan kaki. Edinburgh Napier University didirikan oleh John Napier, seorang ahli matematika dan filsuf dari abad keenam belas.

Selain itu, seorang ahli matematika memilih nama untuk kampus ini. Gedung premium Universitas Edinburgh Napier inijadi contoh arsitektur terkini dan penuh gaya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2342 seconds (0.1#10.140)