Terungkap! Harga Robot Optimus Diklaim Lebih Murah daripada Mobil Tesla

Jum'at, 29 Maret 2024 - 14:05 WIB
loading...
Terungkap! Harga Robot Optimus Diklaim Lebih Murah daripada Mobil Tesla
Robot Optimus Gen 2 akan jadi salah satu sumber pendapatan terbesar Tesla. Foto: Tesla
A A A
JAKARTA - Beberapa kali Elon Musk memamerkan kemampuan romot humanoid Optimus yang akan diluncurkan dalam beberapa waktu mendatang. Dan kali ini, ia membocorkan harga untuk robot mirip manusianya tersebut.

Sebagaimana dihimpun dari Electrec pada Jumat (29/3/2023), dalam pernyataan, Musk mengatakan nahwa ia yakin bisa menurunkan harga robot humanoid Optimus menjadi kurang dari setengah harga mobil.

Untuk diketahui, harga rata-rata mobil Tesla yang dijual secara global berada di angka USD45.000 atau setara Rp714 jutaan, artinya Musk akan menjual robot humanoid di harga antara USD20.000-USD25.000 atau Rp300 juta-Rp400 jutaan.

Musk sendiri sebelumnya mengatakan penjualan robot humanoid Optimus bisa mencapai 10 hingga 20 miliar unit. Dia bahkan percaya bahwa Optimus akan menyumbang sebagian besar nilai jangka panjang Tesla.

Musk menargetkan setiap orang akan memiliki robot Tesla Optimus di rumah dan mereka mengambil alih banyak pekerjaan manufaktur dan jasa. Dan agar bisa berhasil, harganya harus cukup masuk akal.

Untuk diketahui, Optimus sendiri merupakan robot humanoid serba guna Tesla yang dapat melakukan berbagai tugas. Beberapa bulan lalu, Tesla meluncurkan Optimus Gen 2, yang mampu mengambil alih tugas berulang dari manusia.



Prototipe baru ini menunjukkan banyak perbaikan dibandingkan dengan versi robot sebelumnya yang mengecewakan, dan memberikan kredibilitas pada proyek tersebut, yang ditertawakan oleh banyak orang ketika pertama kali diumumkan.

Tidak ada batas waktu yang jelas bagi Tesla untuk membawa robot tersebut ke tahap produksi, tetapi Musk tahun lalu mengatakan bahwa robot tersebut dapat mulai diproduksi pada tahun 2023 ini, meskipun hal itu juga belumdikonfirmasi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3865 seconds (0.1#10.140)