Momen Ratusan Siswa Rasakan Pesantren Kilat di KRI Semarang-594

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:47 WIB
loading...
Momen Ratusan Siswa Rasakan Pesantren Kilat di KRI Semarang-594
Sebanyak 500 peserta yang merupakan siswa/siswi SMA/sederajat terlihat antusias mengikuti Pesantren Kilat Ramadan 1445 Hijriah di atas kapal perang milik TNI AL, KRI Semarang-594. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Sebanyak 500 peserta yang merupakan siswa/siswi SMA/sederajat terlihat antusias mengikuti Pesantren Kilat Ramadan 1445 Hijriah di atas kapal perang milik TNI AL, KRI Semarang-594 . Mereka akan mengikuti Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi (Ekspresi) selama tiga hari yakni tanggal 28 sampai 30 Maret 2024.

Dalam kegiatan ini, para peserta nantinya akan melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan seperti salat berjamaah, mengkaji ilmu agama. Serta mendapatkan pembekalan yang inspiratif dari para narasumber.



Selain itu, mereka juga akan diperkenalkan dengan kehidupan dan tradisi di kapal perang, termasuk dalam hal buka puasa dan sahur bersama, serta kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan program Ekspresi Baznas ini merupakan program terobosan yang diinisiasi Baznas bersama TNI AL di bulan suci Ramadan.

“Program ini sudah dilakukan tahun lalu yang kemudian kembali dilanjutkan tahun ini. Program ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya ilmu agama,” ujar Ali dalam upacara pembukaan Ekspresi Baznas 1445 H di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Kamis (28/3/2024)

Selain melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, Laksamana TNI Muhammad Ali juga mengatakan peserta akan dikenalkan dengan kehidupan di atas kapal perang.

“Kami berharap, dengan program kerja sama ini dapat mencetak generasi muda yang mencintai negara dan dilandasi akhlak yang mulia, sehingga menghadirkan generasi emas Indonesia yang berbudi luhur,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Noor Achmad mengatakan kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 Hijriah bertujuan memberi pengalaman kepada anak-anak milenial untuk melihat lebih dekat proses pengelolaan dan pendistribusian dana zakat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan Ekspresi Ramadan 1445 H merupakan upaya edukasi sekaligus transparansi Baznas tentang dana zakat yang dikelola. Di dalamnya ada berbagai jenis kegiatan yang menggambarkan tentang pentingnya berbagi terhadap sesama," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4021 seconds (0.1#10.140)