Lolos SNBP Apakah Bisa Daftar Jalur Mandiri PTN 2024? Simak Aturan Resminya

Kamis, 28 Maret 2024 - 07:21 WIB
loading...
Lolos SNBP Apakah Bisa Daftar Jalur Mandiri PTN 2024? Simak Aturan Resminya
Menurut keterangan resmi panitia SNPMB 2024, siswa yang lolos SNBP tidak dapat ikut jalur mandiri maupun SNBT. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Begini aturan siswa yang lolos SNBP tetapi tetap ikut mendaftar jalur Mandiri PTN 2024. Kamu lulusan SMA/SMK sederajat yang ingin mendaftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2024 perlu memahani sejumlah aturan. Salah satunya soal pendaftaran di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi dan Jalur Mandiri
Siswa yang dinyatakan lolos SNBP 2024 tidak dapat mengikuti SNBT. Lantas, apakah siswa yang lolos SNBP bisa ikut jalur mandiri PTN? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan mengulasnya, simak ya!

Lolos SNBT Tidak Bisa Daftar Jalur Mandiri


Menurut keterangan resmi panitia SNPMB 2024, siswa yang lolos SNBP tidak dapat ikut jalur mandiri maupun SNBT. Kebijakan ini diberlakukan agar mendorong siswa daftar ulang di PTN tujuan yang sudah ia pilih saat mendaftar SNBP 2024.

"Tujuannya untuk kepentingan anak-anak kita. Yang berhak masuk betul-betul bisa memanfaatkan (hasil seleksinya). Semangat SNPMB 2024 adalah akuntabel, transparasi, dan berkeadilan," kata Ketua Umum Tim Penanggung Jawab SNPMB Prof Ganefri di kanal YouTube SNPMB BPPP, dikutip Senin (25/3/2034).



Kebijakan tidak bolehnya siswa yang lolos SNBP untuk ikut jalur mandiri merupakan bentuk optimalisasi kuota dan penerapan prinsip keadilan. Kebijakan ini menurutnya diharapkan mendorong siswa peserta SNBP bersungguh-sungguh dalam memilih prodi tujuan dan PTN tujuan saat mendaftar SNBP 2024.

Jika jalur mandiri tetap dibuka untuk siswa yang sudah lolos SNBP, maka siswa mendapat celah untuk mencoba-coba mendaftar ke prodi lain yang belum ia dapatkan. Celah ini menurutnya seperti memberikan keistimewaan bagi calon mahasiswa yang berkemampuan ekonomi lebih untuk mendaftar di jalur mandiri.

Di sisi lain, celah mengikuti jalur mandiri juga membuat siswa yang belum lolos SNBP dirugikan karena mengira kuota sudah terpenuhi oleh yang lolos SNBP. Padahal harusnya bisa diisi oleh calon mahasiswa baru yang ada di urutan-urutan selanjutnya
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3002 seconds (0.1#10.140)