Tangani Kasus Khashoggi, Bos CIA Dilaporkan Sambangi Turki

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:21 WIB
Tangani Kasus Khashoggi, Bos CIA Dilaporkan Sambangi Turki
Tangani Kasus Khashoggi, Bos CIA Dilaporkan Sambangi Turki
A A A
WASHINGTON - Direktur CIA (Central Intelligence Agency) Gina Haspel dilaporkan bepergian ke Turki pada hari Senin untuk menangani kasus wartawan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, yang dibunuh di Konsulat Saudi di Istanbul.

Mengutip Reuters, Selasa (23/10/2018), sumber yang mengetahui perjalanan Haspel mengungkap misi bos CIA tersebut.

Laporan itu sinkron dengan komentar Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengaku telah mengirim sekelompok "orang yang sangat berbakat" ke Turki. Misinya adalah untuk mengumpulkan fakta-fakta tentang kematian Khashoggi.

Menurut Trump, tim tersebut akan kembali pada Senin atau Selasa.

Sementara itu, penasihat Gedung Putih senior Jared Kushner mengatakan dalam sebuah wawancara pada hari Senin bahwa AS masih mengumpulkan fakta-fakta terkait pembunuhan jurnalis pengkritik rezim Saudi tersebut.

Pekan lalu, pemerintah Arab Saudi mengatakan bahwa Khashoggi terbunuh di konsulat dalam perkelahian dan berjanji untuk menyelidiki kasus tersebut serta menghukum mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu.Baca Juga: Tinggalkan Konsulat, Agen Saudi Menyamar sebagai Khashoggi
Anehnya, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir pada hari Senin membuat klaim terbaru bahwa pemerintah Riyadh tidak mengetahui bagaimana Khashoggi tewas di konsulat. Jubeir mengklaim bahwa kematian wartawan itu tak terkait dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah berjanji akan membeberkan "kebenaran secara telanjang" atas misteri pembunuhan wartawan tersebut pada hari Selasa (23/10/2018).

Komentar Erdogan memicu spekulasi bahwa Ankara akan mengungkapkan beberapa hasil penyelidikannya soal kasus pembunuhan Khashoggi. Jurnalis Saudi yang sudah setahun tinggal di pengasingan di Amerika Serikat (AS) itu menghilang setelah memasuki Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.

"Saya akan membuat pernyataan saya tentang masalah ini pada hari Selasa dalam pertemuan partai," kata Erdogan dalam sebuah pidato di Istanbul pada hari Minggu.

"Kami mencari keadilan di sini dan ini akan terungkap dalam semua kebenarannya yang telanjang, bukan melalui beberapa langkah biasa tetapi dalam semua kebenarannya yang telanjang," ujar Erdogan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5515 seconds (0.1#10.140)