7 Makanan Pencegah DBD, dari Pepaya hingga Bayam

Selasa, 26 Maret 2024 - 14:29 WIB
loading...
7 Makanan Pencegah DBD, dari Pepaya hingga Bayam
Ada banyak makanan yang bisa mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD). Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA -- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia terus meningkat. Tercatat per 1 Maret 2024 terdapat sekira 16.000 kasus DBD di 213 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan 124 kematian.

Mengutip situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kasus DBD diperkirakan akan terus berlanjut hingga April 2024, seiring dengan musim hujan dan El nino.



DBD memang dapat disembuhkan, namun alangkah baiknya melakukan pencegahan. Salah satu cara dengan menjaga asupan makanan sehari-hari. Dikutip Times of India, berikut makanan yang bisa mencegah DBD.

Makanan Pencegah DBD

1. Pepaya
Ekstrak pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain yang membantu pencernaan, mencegah kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Mengonsumsi 30 ml jus daun pepaya dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit. Oleh karena itu, pepaya dan daun pepaya ini cocok untuk pencegahan serta pengobatan demam berdarah.

2. Delima
Delima kaya akan nutrisi dan mineral penting yang menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Sehingga mengonsumsi buah delima dapat mengurangi rasa lelah dan letih. Selain itu, buah delima kaya akan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga jumlah trombosit darah.

3. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu makanan anti-virus terbaik yang bisa Anda temukan saat ini. Bawang putih juga merupakan makanan penambah kekebalan yang membantu mengatasi gejala seperti peradangan, demam, dan sakit tenggorokan. Sifat antimikroba dan antijamur jua membasmi kuman dan racun jahat sehingga mempercepat pemulihan.

4. Yogurt
Yogurt tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar berfungsi dengan baik. Yogurt bekerja sebagai probiotik yang merangsang produksi bakteri usus penting, menghilangkan racun, dan memberi lebih banyak manfaat kesehatan.

5. Brokoli
Brokoli adalah sumber Vitamin K yang sangat baik membantu meregenerasi trombosit darah. Sayuran hijau ini juga kaya akan antioksidan dan mineral. Dengan begitu, brokoli cocok untuk dikonsumsi sebagai pencegahan dan penyembuhan dbd.



6. Bayam
Selain brokoli, mengonsumsi bayam juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah trombosit. Bayam merupakan makanan yang kaya akan zat besi dan lemak omega-3 yang sangat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Buah Kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin A, vitamin E, dan potasium dalam jumlah yang baik untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh dan membatasi hipertensi dan tekanan darah tinggi. Tembaga dalam buah kiwi bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah merah yang sehat dan membangun kekebalan terhadap penyakit.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1664 seconds (0.1#10.140)