Israel Larang Umat Kristen Palestina Memasuki Yerusalem pada Minggu Palma

Senin, 25 Maret 2024 - 17:44 WIB
loading...
Israel Larang Umat Kristen Palestina Memasuki Yerusalem pada Minggu Palma
Israel melarang warga Kristen Palestina memasuki Yerusalem pada Minggu Palma. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel melarang ribuan umat Kristen Palestina di Tepi Barat yang diduduki memasuki kota Yerusalem yang diduduki untuk berpartisipasi dalam perayaan Minggu Palma sebelum Paskah. Pasukan Israel ditempatkan di pos-pos pemeriksaan di sekitar Yerusalem dan di sekitar Kota Tua.

Patriark Latin Yerusalem, Kardinal Pierbattista Pizzaballa, memimpin Misa Minggu Palma pada Minggu pagi (24/3/2024) di Gereja Makam Suci di Kota Tua. Ibadah tersebut dihadiri oleh para uskup dan imam, serta para biarawan, biarawati, dan sejumlah jemaah, sebagian besar dari Yerusalem sendiri dan warga Palestina di Israel.

Pihak berwenang Israel mewajibkan warga Palestina yang beragama Islam dan Kristen untuk mendapatkan izin khusus untuk melintasi pos pemeriksaan militer di sekitar kota suci tersebut dan memiliki akses ke tempat ibadah, khususnya Masjid Al-Aqsa dan Gereja Makam Suci.

Mereka juga membatasi penerbitan izin, mengharuskan warga Palestina untuk memiliki “kartu” yang dikeluarkan oleh tentara Israel setelah melakukan apa yang mereka sebut sebagai “pemeriksaan keamanan” terhadap pemohon. Setelah itu, warga Palestina harus mengunduh aplikasi khusus di perangkat seluler mereka dan mengajukan izin. Permohonan izin seperti itu biasanya ditolak.

Melansir Middle East Monitor, gereja-gereja telah membatalkan segala bentuk perayaan hari raya sehubungan dengan serangan militer Israel yang sedang berlangsung terhadap warga Palestina di Jalur Gaza, selain misa, doa, dan ritual keagamaan.



Sejumlah peziarah Kristen dari seluruh dunia tiba di Yerusalem untuk merayakan Minggu Palma karena banyak maskapai penerbangan membatalkan penerbangan karena agresi yang berkelanjutan di Gaza dan pembatasan ketat yang diberlakukan oleh Israel terhadap masuknya orang asing dari Yordania.

Gereja-gereja di Yerusalem, Betlehem, Jericho dan Gaza yang mengikuti kalender Barat merayakan Minggu Palma. Gereja-gereja di wilayah terpadu Ramallah, Nablus dan Jenin, sementara itu, akan merayakan Paskah menurut kalender Timur.

Di Betlehem, Misa Minggu Palma diadakan di Gereja Latin Saint Catherine, bersebelahan dengan Gereja Kelahiran. Misa juga diadakan di berbagai gereja Katolik di Betlehem, Beit Sahour dan Beit Jala, serta di kota Jericho.

Di Kota Gaza, Misa Minggu Palma diadakan di Gereja Latin Keluarga Kudus, meskipun keadaan sulit disebabkan oleh serangan militer Israel yang sedang berlangsung.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1011 seconds (0.1#10.140)