Utusan Khusus PBB untuk Suriah Mengundurkan Diri

Kamis, 18 Oktober 2018 - 13:37 WIB
Utusan Khusus PBB untuk Suriah Mengundurkan Diri
Utusan Khusus PBB untuk Suriah Mengundurkan Diri
A A A
NEW YORK - Utusan PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, mengumumkan ia akan meninggalkan jabatannya karena alasan pribadi. De Mistura akan meninggalkan posnya pada akhir November.

"Keinginan saya adalah semata-mata karena alasan pribadi untuk terus bergerak," kata Staffan de Mistura kepada Dewan Keamanan PBB.

"Saya tidak meletakkan beban sampai jam terakhir dari hari terakhir mandat saya," imbuhnya seperti dikutip dari Anadolu, Kamis (18/10/2018).

De Mistura akan meninggalkan posnya pada minggu terakhir bulan November nanti. Pria berusia 71 tahun itu telah bertugas selama empat tahun sebagai seseorang yang bertanggung jawab bagi PBB untuk konflik di Suriah.

Diplomat Italia-Swedia adalah orang ketiga yang memegang posisi itu setelah mantan Sekjen PBB Kofi Annon dan utusan Aljazair Lakhdar Brahimi yang masing-masing mundur dari jabatan itu pada tahun 2012 dan 2014.

De Mistura telah menjalankan pembicaraan intra-Suriah sejak akhir 2017 untuk menyusun rancangan konstitusi baru bagi Suriah. Ia juga telah menetapkan persyaratan bagi pemilu yang diawasi PBB. Ia mengatakan akan aktif bekerja untuk mengadakan komite konstitusional sebelum meninggalkan posnya, tetapi mengatakan PBB belum siap untuk membentuk komite itu kecuali kredibel dan seimbang.

Ia menegaskan akan melakukan perjalanan ke Damaskus atas permintaan rezim minggu depan untuk membahas pembentukan komite, dan bermaksud mengundang Rusia, Iran dan Turki ke Jenewa untuk pembicaraan sebelum ia berangkat pada akhir bulan ini.

Ketiga negara itu dikenal sebagai Penjamin Astana untuk pembicaraan yang mereka mediasi di Ibu Kota Kazakhstan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4887 seconds (0.1#10.140)