Cegah Konflik Nuklir, AS Inginkan Hubungan Kuat dengan China

Kamis, 18 Oktober 2018 - 04:02 WIB
Cegah Konflik Nuklir, AS Inginkan Hubungan Kuat dengan China
Cegah Konflik Nuklir, AS Inginkan Hubungan Kuat dengan China
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Norman Mattis akan menjalin hubungan militer yang lebih kuat dengan militer China dalam pertemuan di Singapura, hari Kamis (18/10/2018). Tujuannya adalah untuk mencegah konflik besar dari dua kekuatan nuklir tersebut.

Mattis pada bulan lalu menyatakan meningkatnya friksi China-AS dapat merusak hubungan militer kedua negara. Kekhawatiran itu muncul ketika Beijing membatalkan rencana pertemuan bulan Oktober di China antara Mattis dengan Menteri Pertahanan Wei Fenghe.

Keputusan Beijing itu sebagai pembalasan kepada Washington yang telah menjatuhkan sanksi kepada China. Sanksi dijatuhkan setelah Beijing membeli sistem rudal S-400 dan sekitar sepuluh unit jet tempur Su-35 Rusia.

Pertemuan Mattis dengan Wei dijadwalkan akan berlangsung di sela-sela pertemuan para menteri pertahanan Asia di Singapura.

Randall Schriver, seorang Asisten Menteri Pertahanan AS yang membantu memandu kebijakan Pentagon di Asia, mengatakan bahwa membuat hubungan antar-militer dengan China akan sangat penting untuk membantu mengurangi kemungkinan konflik yang menghancurkan.

"Dua kekuatan bersenjata nuklir dengan kepentingan regional, jika bukan global, kita perlu memastikan bahwa ketika kita menginjak kaki satu sama lain, itu tidak akan meningkat menjadi sesuatu yang akan menjadi bencana besar," kata Schriver kepada wartawan yang bepergian dengan Mattis, seperti dikutip Reuters.

Schriver percaya bahwa Beijing juga tertarik untuk menjalin hubungan militer yang kuat dengan Washington.

"Saya pikir fakta bahwa dia (Mattis) bertemu dengan Menteri Wei adalah beberapa bukti bahwa China tertarik untuk menjaga hal-hal normal dan stabil, seperti juga kita," kata Schriver, Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Keamanan Asia dan Pasifik.

Dia mengatakan Wei memiliki undangan untuk mengunjungi Amerika Serikat.

Hubungan militer kedua negara telah lama menjadi salah satu bagian yang rapuh dari hubungan AS-China secara keseluruhan, di mana Beijing membatasi kontak ketika ketegangan memanas. Situasi itu telah memicu keprihatinan besar selama bertahun-tahun di kalangan pejabat AS, yang takut insiden tidak sengaja atau sebuah kecelakaan bisa dengan cepat meningkat.

"Apa yang kami inginkan dalam hal stabilitas adalah interaksi reguler di tingkat senior sehingga kami memiliki pemahaman yang baik tentang niat satu sama lain, bahwa kami memiliki langkah-langkah membangun kepercayaan yang akan membantu kami mencegah kecelakaan atau insiden yang tidak diinginkan," kata Schriver.

"Dan, harus ada yang terjadi, bahwa kita memiliki kemampuan untuk mengelola itu sehingga tidak memburuk."

Beijing dan Washington baru-baru ini bersitegang terkait insiden kedua kapal perang mereka yang nyaris tabrakan di Laut China Selatan.

Mattis, berbicara kepada wartawan saat dia terbang ke Asia, menolak klaim China bahwa AS bertindak agresif. Dia menunjuk jari kesalahan pada Beijing.

"Ketika kapal-kapal China memasang bemper di sisi...Anda tidak melakukan itu ketika Anda keluar di tengah lautan, kecuali Anda berniat untuk lari ke sesuatu," kata Mattis.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4802 seconds (0.1#10.140)