China Ledek AS: Jual 4 Kapal Induk untuk Tutup Defisit Dagang

Sabtu, 13 Oktober 2018 - 14:32 WIB
China Ledek AS: Jual 4 Kapal Induk untuk Tutup Defisit Dagang
China Ledek AS: Jual 4 Kapal Induk untuk Tutup Defisit Dagang
A A A
BEIJING - China tidak mundur dalam perang dagang dengan Amerika Serikat (AS). Bejing bahkan meledek Washington dengan menyarakan untuk menjual empat kapal induknya agar bisa menutup defisit perdagangan.

Negara adidaya di Asia ini sedang berambisi membangkitkan kekuatan militernya. Negara tersebut bahkan dianggap sebagai salah satu ancaman utama bagi Washington.

Ledekan Beijing disuarakan People Daily, media pemerintah yang menjadi corong Partai Komunis.

"Jika AS menjual empat kapal induk kelas Ford dengan harga masing-masing USD15 miliar, itu akan dengan mudah menebus defisit perdagangan USD60 miliar dengan China," bunyi editorial media negara tersebut, yang dikutip Telegraph, Sabtu (13/10/2018).

Persenjataan militer merupakan isu sensitif bagi AS dan negara-negara Barat lainnya yang bekerja keras untuk melindungi kekayaan intelektualnya. Barat terus berupaya mencegah transfer teknologi yang tidak sah ke China agar Beijing gagal unggul dalam kompetisi.

Pada hari Kamis, pemerintah AS mengatakan akan membatasi ekspor teknologi nuklir ke China mengingat kekhawatiran teknologi itu dialihkan untuk mendukung militer.

Beijing selama ini dituduh mengakali larangan transfer teknologi tersebut dengan meretas rahasia dagang dari kontraktor militer Barat atau merekrut mata-mata untuk mengumpulkan informasi dari para ahli teknis.

Meski ada kekhawatiran seperti itu, raksasa teknologi Barat justru menempatkan diri di China. Apple, misalnya, memiliki rantai pasokan yang mapan di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Seperlima dari pasar penjualan produk Apple berada di wilayah China.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3583 seconds (0.1#10.140)