alexametrics

Pastor Brunson Dibebaskan Turki, Kini Terbang ke AS

loading...
Pastor Brunson Dibebaskan Turki, Kini Terbang ke AS
Pastor Amerika Serikat, Andrew Brunson, resmi dibebaskan pengadilan Turki pada hari Jumat. Dia dijadwalkan tiba di AS, Sabtu (13/10/2018). Foto/Twitter @UmUras
A+ A-
ANKARA - Pastor Amerika Serikat (AS), Andrew Brunson, resmi dibebaskan oleh pengadilan Turki setelah dua tahun dipenjara atas tuduhan terlibat terorisme. Pastor yang penahanannya memicu perseteruan diplomatik kedua negara ini telah terbang ke negaranya.

Pada hari Jumat, dia meninggalkan Ankara dengan pesawat militer Amerika menuju Jerman. Menurut Gedung Putih, pastor itu akan tiba di sebuah pangkalan militer di Maryland pada hari Sabtu (13/10/2018).



Brunson dihukum atas tuduhan terlibat jaringan terorisme, yakni melakukan kontak dengan kelompok Kurdi yang diperangi Ankara. Dia sejatinya dijatuhi hukuman tiga tahun penjara.

Tetapi dia dibebaskan dengan mempertimbangkan sudah cukup menjalani waktu penahanan dan berperilaku yang baik selama persidangan. Pengadilan juga mencabut status tahanan rumahnya dan larangan perjalanan ke luar negeri. Keputusan itulah yang membuka jalan baginya untuk pulang ke Amerika.

Setelah keputusan pengadilan keluar, Brunson pergi ke rumahnya dan kemudian berangkat ke sebuah bandara di provinsi Izmir bersama istrinya, Norrine.

"Ini adalah hari dimana keluarga kami telah berdoa, saya senang bisa pulang ke Amerika Serikat," kata Brunson dalam sebuah pernyataan setelah dia dibebaskan, seperti dikutip Al Jazeera.

Setelah pengadilan memerintahkan pembebasan Brunson, Presiden AS Donald Trump menulis tweet yang ditujukan untuk pastor tersebut."Pikiran dan doa bersama pastor, dia akan segera pulang," tulis Trump.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak