5 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di Indonesia, Seni Pedalangan hingga Tasawuf Psikoterapi

Rabu, 20 Maret 2024 - 08:30 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Ini Hanya Ada di Indonesia, Seni Pedalangan hingga Tasawuf Psikoterapi
Seni pedalangan merupakan salah satu jurusan langka dan hanya ada di perguruan tinggi di Indonesia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - 5 jurusan kuliah berikut ini hanya ada di Indonesia. Dunia pendidikan tinggi di Indonesia semakin berkembang dengan memiliki sejumlah jurusan unik dan menarik perhatian calon mahasiswa di seluruh negeri. Hebatnya, beberpa prodi ini hanya ada di perguruan tinggi Indonesia. Jurusan apa saja? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

5 Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia


1. Pengembangan Teknologi Batik


Pada tahun 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Budaya Takbenda dengan tujuan menjaga keberadaan dan nilai penting budaya Indonesia ini.

Sebagai tanggapan terhadap pengakuan tersebut, pada tahun 2011, Universitas Pekalongan secara resmi membuka jurusan Teknologi Batik. Jika memilih masuk ke jurusan ini, kamu akan mempelajari sejarah, filosofi, dan teknik pembuatan batik.

Setelah lulus dan mendapatkan gelar Ahli Madya, kamu akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam tentang batik, mampu menjalankan usaha mandiri, dan mengembangkan teknologi untuk semakin mempopulerkan batik.

2. Tasawuf Psikoterapi


Jurusan Psikoterapi Berbasis Tasawuf menggabungkan dua disiplin ilmu, yaitu tasawuf (juga dikenal sebagai sufisme) dan terapi psikologi, untuk mempelajari masalah kejiwaan dan kesehatan mental.

Tasawuf mempelajari cara-cara menyucikan jiwa dan menjernihkan akhlak dalam konteks agama. Di sisi lain, terapi psikologi mempelajari upaya penyembuhan penyakit yang terkait dengan pikiran, perasaan, dan perilaku. Di dalam jurusan ini, kamu akan mengamati masalah kesehatan mental dari perspektif ilmiah, medis, dan agama.


3. Seni Karawitan


Seni tradisional secara perlahan tergantikan oleh budaya modern. Oleh karena itu, sebagai upaya pelestarian budaya, beberapa perguruan tinggi seperti Institut Seni Indonesia, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Negeri Yogyakarta membuka jurusan Seni Karawitan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai jenis musik tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

4. Jurusan Tenaga Penyuluh Lapangan


Jurusan Tenaga Penyuluh Lapangan pertama kali didirikan oleh Kementerian Perindustrian pada tahun 2007/2008 di Akademi Kimia Analisis Bogor. Namun, saat ini jurusan ini telah berkembang dan dapat ditemukan di beberapa perguruan tinggi lain, seperti Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta, Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil Bandung, dan Akademi Teknik Industri Makassar.
Jurusan Tenaga Penyuluh Lapangan bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui program sosialisasi dan penyuluhan.

5. Seni Pedalangan


Jika kamu ingin melestarikan seni tradisional di masyarakat Indonesia dan dunia, jurusan Seni Pedalangan bisa menjadi pilihan. Pada jurusan ini, kamu akan belajar tentang seni pertunjukan wayang tradisional, termasuk manipulasi boneka (pakeliran), pengembangan alur cerita, penyesuaian nilai-nilai dalam konteks zaman modern, dan menciptakan pertunjukan sendiri.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)