Jepang Kirim Tim Penanggulangan Bencana ke Sulawesi Tengah

Rabu, 03 Oktober 2018 - 18:52 WIB
Jepang Kirim Tim Penanggulangan Bencana ke Sulawesi Tengah
Jepang Kirim Tim Penanggulangan Bencana ke Sulawesi Tengah
A A A
JAKARTA - Pemerintah Jepang dilaporkan telah mengirimkan Tim Penanggulangan Bencana ke Sulawesi Tengah untuk membantu menanggulangi dampak bencana gempa bumi dan tsunami di wilayah tersebut.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta yang diterima Sindonews pada Rabu (3/10), Tim Penanggulangan Bencana itu beranggotakan Unit Pasukan Bela Diri Jepang. Selain mengirimkan tim, Jepang juga mengirimkan tenda dan pemurni air ke Sulawesi Tengah.

"Jepang juga menyediakan barang bantuan darurat (tenda, pemurni air dan genset) senilai sekitar Rp 3 miliar melalui Japan International Cooperation Agency (JICA), sebagai respon dari kerusakan yang disebabkan bencana gempabumi dan tsunami di Sulawesi, Republik Indonesia, dalam kerangka kemanusiaan dan hubungan persahabatan antara kedua negara," bunyi pernyataan tersebut.

Kedutaan Jepang dalam siaran persnya menuturkan, bahwa Unit Pasukan Bela Diri dijadwalkan berangkat menuju Indonesia hari ini.

"Para Unit Pasukan Bela Diri diharapkan mengadakan aktivitas bantuan termasuk transpotasi barang-barang kebutuhan di Sulawesi dan akan memulai operasi bantuan secepat mungkin setelah kedatangan, sambil mengamati kondisi daerah yang terkena dampak bencana," sambungnya.

Sebelumnya, Inggris juga telah mengirimkan tim khusus ke Sulawesi Tengah. Menteri Bantuan Luar Negeri Inggris, Penny Mordaunt menuturkan pengiriman tenaga ahli itu dilakukan berdasarkan permintaan dari pemerintah Indonesia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3081 seconds (0.1#10.140)