Manfaatkan Waktu Sahur dengan Memperbanyak Istighfar

Senin, 18 Maret 2024 - 04:05 WIB
loading...
Manfaatkan Waktu Sahur dengan Memperbanyak Istighfar
Allah telah menawarkan diri-Nya kepada para hamba-Nya untuk memberikan ampunan kepada siapa yang memohon ampun kepada-Nya di waktu sahur. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Di waktu sahur di bulan Ramadan ini memiliki banyak sekali keutamaannya. Salah satunya adalah memperbanyak istighfar.
Untuk itu, sebagai muslim kita jangan menyia-nyiakan kesempatan besar ini untuk meraih pahala. Allah telah menawarkan diri-Nya kepada para hamba-Nya untuk memberikan ampunan kepada siapa yang memohon ampun kepada-Nya di waktu sahur.

Allah Ta’ala berfirman mengenai orang-orang shalih.

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ


“Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran: 17).

Istighfar ini amalan yang cukup mudah tetapi berpahala besar, tentunya harus disertai dengan pemgakuan diri bahwa kita banyak bermaksiat dan lalai mengingat Allah, Rabb yang telah memberikan segalanya kepada kita . Untuk itu, menurut Ustadz Raehanul Bahraen, sebagai seorang muslim kita harus memelas dan memohon ampun kepada Allah serta merendahkan sayap kesombongan.

Makna Istighfar sendiri ada dua, yakni pertama, kita meminta Agar Allah menutupi dosa kita. Kedua meminta agar Allah mengampuni dan tidak menyiksa kita karena dosa.

Lafadz istighfar sendiri, silakan baca sesuai lafadz yang kita hapal selama tidak berlebihan dan tidak menyimpang dari aturan syariah, karena sebenarnya tidak ada lafal khusus untuk istighfar di waktu sahur. Jadi, beristigfarlah dengan lafadz yang kita yakini dan kita mengerti akan artinya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)