Kremlin Ragukan Foto Tersangka Serangan Racun Skripal

Jum'at, 28 September 2018 - 05:56 WIB
Kremlin Ragukan Foto Tersangka Serangan Racun Skripal
Kremlin Ragukan Foto Tersangka Serangan Racun Skripal
A A A
MOSKOW - Kremlin meragukan foto-foto tersangka pelaku serangan racun Novichok terhadap mantan agen mata-mata Rusia Sergei Skripal yang disebut sebagai seorang perwira intelijen Moskow. Kremlin mengatakan bahwa banyak orang yang kelihatan mirip.

Para pejabat Inggris telah merilis rekaman pengawasan dua orang yang mereka katakan terbang dari Rusia ke Inggris menggunakan paspor palsu. Keduanya kemudian menggunakan zat syaraf yang disembunyikan dalam botol parfum untuk meracuni Sergei Skripal dan putrinya.

Website investigatif Bellingcat minggu ini mempublikasikan foto seseorang yang tampak seperti salah satu pria dan diidentifikasi sebagai kolonel intelijen militer Rusia Anatoliy Chepiga. Laporan ini membantah pengakuan Kremlin yang menyebut kedua orang itu adalah warga sipil yang tengah berlibur ke Inggris.

Ditanya tentang laporan Bellingcat saat jumpa pers reguler dengan wartawan pada hari Kamis, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan: "Banyak orang yang mirip, tapi saya tidak bisa memberi tahu Anda siapa warga negara ini yang ditunjukkan dalam penyelidikan ini," ujarnya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (28/9/2018).

Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya mengatakan dua orang yang ditunjukkan dalam rekaman pengawasan Inggris di dekat rumah Skripal di kota Salisbury, Inggris adalah warga sipil dan tidak ada yang kriminal dengan kegiatan mereka.

Diminta pada hari Kamis untuk mengomentari kata-kata Putin dalam informasi baru, Peskov mengatakan: “Presiden mengatakan bahwa orang-orang ini adalah warga sipil. Jadi, dia menyuarakan informasi yang dia terima. Anda dan saya tidak tahu apa-apa tentang masa lalu orang-orang ini, itu di luar fungsi (pekerjaan) kami."

Ia mengatakan para pejabat Rusia akan memeriksa informasi yang dibawa oleh laporan Bellingcat.

Pria yang diberi nama Bellingcat, Anatoly Chepiga, telah ditetapkan sebagai Pahlawan Federasi Rusia, salah satu kehormatan tertinggi di Rusia, menurut situs web akademi militer yang dikunjunginya dan foto-foto peringatan di mana namanya tertulis.

Baca Juga: Media Inggris: Tersangka Serangan Racun Novichok Berpangkat Kolonel

"Kami akan memeriksa daftar penerima tanda kehormatan," ujar Peskov.

Sergei Skripal, mantan mata-mata Rusia yang membocorkan rahasia intelijen Barat, ditemukan terpuruk di bangku umum di Salisbury pada 4 Maret, bersama putrinya, Yulia. Mereka koma selama berminggu-minggu.

Para pejabat Inggris mengatakan mereka diracuni dengan agen saraf Novichok yang dikembangkan Rusia. Mereka telah keluar dari rumah sakit tetapi seorang wanita lokal, Dawn Sturgess, meninggal setelah tidak sengaja terkena razun tersebut, kata para pejabat Inggris.

Keracunan Skripal telah memperdalam isolasi internasional terhadap Rusia. Inggris menuduh mereka menggunakan senjata kimia kelas militer di tanahnya dan Washington, menggalang dukungan London, telah memperingatkan akan memberlakukan sanksi baru terhadap Rusia.

Moskow membantah terlibat dalam keracunan Skripal, mengatakan negara-negara Barat dicengkeram oleh "Russophobia" dan pemerintah Inggris telah gagal untuk menunjukkan buktinya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4899 seconds (0.1#10.140)