Dua Asteroid Akan Melintas Dekat Bumi Hari Ini

Jum'at, 15 Maret 2024 - 11:49 WIB
loading...
Dua Asteroid Akan Melintas Dekat Bumi Hari Ini
Dua asteroid diprediksi akan melintas dekat Bumi. (Foto: Ingimage)
A A A
JAKARTA - Dua asteroid diprediksi akan melintas dekat Bumi pada Jumat, 15 Maret 2024. Yaitu, asteroid 2024 EK3 dan 2020 FU.

Menurut pelacak asteroid NASA, asteroid 2024 EK3, yang diprediksi memiliki diameter 11 meter, akan melintas lebih dekat ke Bumi dibandingkan kebanyakan asteroid lainnya. Asteroid ini akan menjadi salah satu yang terdekat dengan Bumi dalam beberapa tahun terakhir.

Sementara itu, asteroid 2020 FU, yang dinamai berdasarkan gerakan pamungkas pegulat profesional John Cena, diprediksi memiliki lebar sekitar 31 meter.

Kendati demikian, tidak perlu khawatir. Dilansir dari JPost, NASA memperkirakan asteroid 2024 EK3 akan melintas pada jarak lebih dari 600.000 kilometer dari Bumi, lebih jauh daripada Teleskop Luar Angkasa James Webb.



Bahkan jika asteroid 2024 EK3 menabrak Bumi, ukurannya yang kecil kemungkinan besar akan membuatnya terbakar habis di atmosfer, dan sisa materialnya kemungkinan sangat kecil dan tidak berbahaya.

Namun, perlu dicatat, peristiwa hari ini menjadi pengingat pentingnya pertahanan planet. Berbagai upaya ilmiah telah dilakukan untuk memantau luar angkasa dan meluncurkan pesawat ruang angkasa untuk mencegah dampak asteroid besar melalui program Asteroid Impact Deflection Assessment.



Misi Double Asteroid Redirection Test (DART) NASA yang sukses mengubah orbit asteroid Dimorphous menjadi bukti nyata kemampuan teknologi ini. Dengan peringatan dini yang memadai, para ilmuwan dapat melakukan tindakan pencegahan terhadap asteroid berbahaya di masa depan.

Meskipun tidak menimbulkan bahaya langsung, melintasnya asteroid ini dapat menimbulkan dampak ekonomi dan sosial. Penerbangan di wilayah tertentu mungkin terganggu dan ketakutan publik terhadap potensi tabrakan mungkin meningkat.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)