Terungkap, Rusia Diam-diam Ingin Bantu Assange Kabur dari Inggris

Sabtu, 22 September 2018 - 11:11 WIB
Terungkap, Rusia Diam-diam Ingin Bantu Assange Kabur dari Inggris
Terungkap, Rusia Diam-diam Ingin Bantu Assange Kabur dari Inggris
A A A
LONDON - Rusia dilaporkan secara rahasia ingin membantu bos Wikileaks, Julian Assange, melarikan diri dari Inggris. Demikian laporan media Inggris, The Guardian.

Menurut The Guardian, sejumlah diplomat Rusia mengadakan pembicaraan rahasia dengan orang-orang dekat Assange di London tahun lalu. Pertemuan itu untuk mengetahui apakah Rusia dapat membantunya melarikan diri dari Inggris.

Rencananya, pendiri WikiLeaks itu diselundupkan keluar dari kedutaan Ekuador di Inggris dengan kendaraan diplomatik dan diangkut ke negara lain. Tujuan akhirnya, sejumlah sumber mengatakan adalah Rusia di mana Assange tidak akan menghadapi risiko ekstradisi ke Amerika Serikat (AS).

"Namun rencana itu dibatalkan setelah dianggap terlalu berisiko," seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (22/9/2018).

Sebuah sumber mengatakan operasi itu rencananya akan dilakukan pada Malam Natal 2017 lalu. Rencana itu dilakukan setelah upaya Ekuador untuk memberikan status diplomatik secara formal kepada Assange berujung kegagalan.

Meski begitu, rincian rencana Assange melarikan diri masih kurang jelas. Dua sumber yang akrab dengan kedutaan Ekuador mengatakan bahwa Fidel Narvaez bertindak sebagai titik kontak dengan Moskow. Narvaez adalah orang dekat kepercayaan Assange yang sampai saat ini menjabat sebagai Konsul Ekuador di London.

Dalam wawancara dengan Guardian, Narvaez membantah telah terlibat dalam diskusi dengan Rusia tentang mengeluarkan Assange dari kedutaan.

Narvaez mengatakan ia mengunjungi kedutaan Rusia di Kensington dua kali tahun ini sebagai bagian dari kelompok 20-30 diplomat dari berbagai negara.

"Ini adalah pertemuan terbuka untuk publik," katanya, yang terjadi selama krisis Inggris-Rusia sebuah referensi setelah insiden serangan novichok terhadap Sergei dan Yulia Skripal pada bulan Maret lalu.

Untuk diketahui, Narvaez adalah sosok dibalik kaburnya Edward Snowden ke Rusia dan mendapatkan suaka. Snowden menjadi di buru karena membocorkan materi rahasia NSA pada tahun 2013.

Saat itu, Narvaez memberikan Snowden dokumen "berkelakuan baik" ketika ia meninggalkan Hong Kong menuju Moskow. Presiden Ekuador saat itu, Rafael Correa mengatakan, Narvaez mengeluarkan izin tanpa sepengetahuan pemerintah.

Lembaga penyiaran berbahasa Spanyol, Univision, melaporkan bahwa Narvaez bepergian ke Moskow pada hari yang sama ketika ia mengeluarkan dokumen perjalanan yang aman ke Snowden; sumber-sumber lain telah menguatkan laporan ini.

Pelarian malam Natal Assange dibatalkan hanya dalam beberapa hari, satu sumber mengklaim. Rommy Vallejo, kepala badan intelijen Ekuador, diduga melakukan perjalanan ke Inggris pada atau sekitar 15 Desember 2017 untuk mengawasi operasi dan meninggalkan London ketika dibatalkan.

Pada bulan Februari Vallejo berhenti dari pekerjaannya dan diyakini berada di Nikaragua. Dia sedang diselidiki atas dugaan penculikan pada tahun 2012 terhadap saingan politik Correa.

Presiden baru Ekuador, Lenin Moreno, mengatakan dia ingin Assange keluar dari kedutaan. Pada bulan Maret pemerintah di Quito memotong akses internetnya dan membatasi pengunjungnya.

Melinda Taylor, seorang pengacara yang mengkhususkan diri dalam hak asasi manusia dan hukum pidana internasional yang mewakili Assange, telah mencela pengekangannya di kedutaan.

“Saya pikir ini mengejutkan bahwa Assange telah ditahan sewenang-wenang selama kurang lebih delapan tahun karena menerbitkan bukti kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia. Inggris dapat mengakhiri situasi ini hari ini, dengan memberikan jaminan bahwa Assange tidak akan diekstradisi ke Amerika Serikat,” tegasnya.

Berdasarkan hukum Inggris, para diplomat kebal dari tuntutan pidana jika surat kepercayaan diplomatik mereka telah diterima oleh pemerintah Inggris, dan jika Kantor Luar Negeri telah memberitahu mengenai status diplomat tersebut.

Terkait laporan ini, pemerintah Ekuador menolak untuk memberikan berkomentar.

Ini bukan pertama kalinya Assange mencari perlindungan di Rusia. The Associated Press minggu ini melaporkan bahwa pendiri WikiLeaks mencoba mendapatkan visa Rusia. Dia menandatangani surat pada bulan November 2010 memberikan kuasa kepada "teman saya" Israel Shamir dari Assange ke wartawan di Moskow. Shamir adalah salah seorang pendukung Assange.

"Shamir akan mengantarkan paspor Assange ke konsulat Rusia dan mengambilnya setelah itu," tulis Assange.

Pada saat itu Assange sedang menghadapi tuduhan perkosaan dan serangan seksual yang dilakukan oleh dua wanita di Swedia. Pada 2012 ia mencari suaka di kedutaan Ekuador setelah kalah dalam perang melawan ekstradisi di mahkamah agung. Assange menyangkal klaim wanita tersebut. Otoritas Swedia akhirnya menghentikan kedua kasus setelah undang-undang pembatasan berakhir. Assange menghadapi penangkapan karena melanggar syarat-syarat jaminannya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4445 seconds (0.1#10.140)