Perkenalkan Cybertrax, Cybertruck dengan Rantai Tank untuk Medan Bersalju

Kamis, 14 Maret 2024 - 17:00 WIB
loading...
Perkenalkan Cybertrax, Cybertruck dengan Rantai Tank untuk Medan Bersalju
Diesel Brothers melengkapi Cybertruck dengan roda rantai tank. (Foto: Interesting Engineering)
A A A
JAKARTA - Kreatifitas para pencinta otomotif patut diacungi jempol. Mereka memodifikasi Tesla Cybertruck untuk melibas medan bersalju, hingga lahirlah Cybertrax.

Alih-alih menunggu Elon Musk selaku CEO Tesla untuk bertindak, Diesel Brothers yang berbasis di Utah, Amerika, turun tangan sendiri. Mereka melengkapi Cybertruck dengan roda rantai tank.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Desember 2023, pengguna telah menguji coba Tesla Cybertruck di beragam medan ekstrem seperti jalanan terendam air. Tidak seperti mobil berbahan bakar fosil, Cybertruck berhasil membawa penumpang ke tempat aman tanpa kerusakan. Terkesan dengan kemampuannya, konsumen memuji Tesla, yang Elon Musk bahkan menyebut kemampuan ini sebagai "mode perahu" Tesla.

Sayangnya klaim Cybertruck cukup kuat dan tangguh untuk dibawa ke mana saja masih dipertanyakan dan terbukti pikap listrik ini tak berdaya ketika menghadapi medan bersalju . Musim dingin lalu, banyak video bermunculan tentang Cybertruck yang terjebak salju. Beberapa orang berpendapat bahwa penyebabnya adalah ban, bukan Cybertruck itu sendiri.



Memang benar Tesla yang memilih ban tersebut. Dengan harga Cybertruck yang mahal, mereka seharusnya bisa memakai ban yang lebih baik atau setidaknya menawarkan opsi kepada pengguna untuk memilih ban yang sesuai dengan kondisi jalan yang akan dilalui.

Namun, Diesel Brothers, yang menjalankan saluran YouTube Sparks Motors, memutuskan untuk mengakhiri diskusi ini dengan cara unik, yaitu dengan memasang rantai tank. Cybertrax, Cybertruck dengan rantai tank, bukanlah langkah yang mengejutkan. Mereka pernah melakukan hal serupa sebelumnya dengan Jeep Gladiator dan bus ukuran penuh, yang mereka sebut sebagai hal paling konyol yang pernah dibuat.


Bagaimana performa Cybertrax?


Dilansir dari Interesting Engineering, dalam cuplikan singkat yang dibagikan di media sosial, performa Cybertrax masih belum dapat disimpulkan secara menyeluruh. Diesel Brothers belum membagikan video lengkapnya di YouTube.

Namun, akun Instagram mereka telah menampilkan kemajuan modifikasi ini selama beberapa minggu. Dalam sebuah postingan minggu lalu, YouTuber tersebut membuat daftar hal-hal yang rusak selama proses modifikasi dan pengujian. Termasuk lengan kontrol atas dan baut batang kemudi belakang.

Tim juga khawatir rangka unibody aluminium kendaraan itu bisa retak. Jadi, mereka memperkuat Cybertrax dengan struktur pendukung gusset unibody baut penuh untuk menopang suspensi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3332 seconds (0.1#10.140)